Kamis, September 10, 2009

Apa Sih Yang Bikin Loading Blog Menjadi Lambat Itu??

Oke Sob..., seperti janji aku kemarin bahwa dalam kesempatan kali ini, aku mau membahas tentang apa apa yg bisa bikin loading sebuah blog menjadi lambat melebihi lambatnya bekicot yg lagi kelaperan, hehe...
Aku yakin kalian semua pasti pernah mengalami hal yg kek gitu, dan pastilah itu bikin kita bete abis, menjengkelkan, pengin banting laptop aja rasanya, hahahaha...
Kecuali kalo emang kalian bermaksud melatih kesabaran dalam diri masing-masing. Nah... sekarang gimana kalo ternyata justru blog kita sendiri yg mengalami hal semacam itu, apa yg musti kita lakukan?

Baiklah... biar kali ini aku coba membahasnya secara global aja ya...
Sebagai pemilik atau admin, tentunya kita harus tanggap akan perkembangan dan juga perubahan yg udah terjadi pada blog kita sendiri, iya kan? Jangan sampai karena terlalu asyik menulis, kita lalu terlena dan lupa buat melakukan review ataupun refleksi.

Lambatnya loading sebuah blog itu umumnya disebabkan karena faktor jaringan internet, baik ditempat base kita browsing maupun di negara di mana server hosting dari blog itu berada. Namun bila keduanya ternyata gak ada masalah, berarti uda gak usah dicari-cari lagi, pastilah persoalannya ada pada content dari blog itu sendiri.

Nah... sekarang sebelum kalian mereka-reka tentang penyebab lambatnya loading blog kita, maka sebaiknya lakukan dulu general test pada bagian-bagian penting dari blog kita.
Coba kalian buka halaman ini http://websiteoptimization.com, dan masukin URL blog kalian, selanjutnya ceklik Submit Query, ntar akan muncul perintah "Please retype the above characters above in the form below" (masukin code-code yg tersedia) lalu ceklik Continue. Biarkan beberapa saat (tool itu lagi membaca blog kalian), jangan ditungguin. Buka aja newtab masukin URL blogku dan komentarin ulang semua postinganku, hahaha... atau terserah kalian deh, mau makan dulu, minum terserah.

Oke, sekarang liat lagi halaman yg tadi, uda selesai atau belum loadingnya. Kalo udah, nanti pasti akan keluar hasil dari proses Web Page Speed Report tadi dengan rincian hasil Diagnosis antara lain berupa:
-Global Statistics
-Object Size Totals
-External Objects
-Download Times
-Page Objects dan yg paling penting adalah
-Analysis and Recommendations.

Hasil Analysis and Recommendations ini sangat menentukan langkah apa yg akan kita lakukan selanjutnya. Perhatikan baik-baik warnanya,
Kalo warnanya

HIJAU, berarti content blog kalian, belum ada yg perlu dikhawatirkan. Kalo warnanya

KUNING, berarti waspada karena content ada catatan yg harus diperhatikan atau dibenahi, tapi kalo warnanya udah

MERAH, maka kalian harus melakukan perombakan content karena ada yg udah over standart.

Nah.. dengan memperhatikan hasil Analisis dan Rekomendasi di atas maka sekarang kalian udah memiliki dasar acuan untuk melakukan sesuatu. Dan itu tadi ulasan secara garis besarnya. Lalu secara specifiknya gimana Mut.?

Oke.. sekarang bahasan secara specifiknya.
Berdasarkan observasi yg aku lakukan di berbagai blog beberapa hari terakhir ini, ternyata aku temukan satu widget yg sama pada setiap blog yg aku rasakan lambat banget loadingnya. Widget apaan tuh??

Adalah Resent Viewer punyanya Blog Catalog. Dari 10 blog yg aku buka dan ada widget itu didalamnya, cuma 2 yg loadingnya done kurang dari 90 second. Artinya, 8 lainnya harus rela nungguin hingga lebih dari 4-5 menit. Woww... sebuah waktu yg sangat berharga untuk kita sia-siakan begitu saja. Coba bayangin, kalo waktu 4-5 menit itu kita pakai buat buka blog yg sehat, uda dapet berapa blog tu yg kebuka?? Banyak kan..?
Nah... saran aku buat para blogger yg masang widget itu di blognya, cobalah kalian lepas dulu itu untuk sementara. Copy scriptnya dan titipin dulu di notepad, kemudian coba buka lagi blog kalian. Saya berani bertaruh, kalo loadingnya masih lambat juga, silakan lempar aku pake segebog uang seratus ribuan. Pasti aku akan segera lari mengambilnya, hahaha...

Oke lanjoot...
selain widget Recent Viewer tadi, apa lagi Mut... widget yg juga bisa bikin loading blog menjadi lambat..??
Yaitu Counter, segala jenis Counter, entah itu free counter, hit counter, easy counter, hape counter bahkan flag counterpun juga bisa bikin loading blog kita menjadi sangat lambat. Bukan cuma itu, counter-counter kayak gini ini ternyata juga sangat berpotensi menjadi sarang paling nyaman para virus spyware, malware, trojan dan bolo-bolonya, nah loee... dan kalian tau, apa yg terjadi kalo virus-virus itu udah beranak-pinak dalam blog kita?? Tentu aja selain bisa meringsek masuk ke dalam perangkat komputer kita, virus itu juga suka menampilkan pop-up window baru sebuah situs yg sama sekali gak kita kenal sebelumnya. Sering kan mengalami hal semacam itu??

Nah... maka dari itu, ilangin aja widget-widget yg merugikan kayak gitu. Gak penting juga kan dipertahankan?
Atau kalian emang pengin blognya hanya dikunjungi visitor-visitor tertentu aja, yg tentunya punya fasilitas lebih, seperti koneksi internet yg bagus, yg punya perangkat komputer yg uda canggih, atau yg punya kesabaran yg lebih.

Kalian gak pengin, blog kalian dikunjungi para netter dari berbagai kalangan, termasuk para pemakai mobile alias Opera Mini??
Pikirkan lagi baik-baik, pengin punya blog yg friendly buat semua kalangan, atau memilih visitor dari kalangan tertentu aja??

Semua kembali pada diri kalian masing-masing.
Salam Sukses.!

56 comments:

Yudhi mengatakan...

Emang sih mas semut, kalo pake operamini kadang ada blog yg ampe 1/2 jam gak kebuka..busyet dah!! nih blog ngumpet dimana.

Yudhi mengatakan...

Meluncur ahh..coba ngetest.

namaku wendy mengatakan...

walah tak lempar pake sekarung recehan logam ae yo pak, lumayan kanggo nyawer suk lebaran kekeke
lah koq mung 3 warna, gak kurang po? nek sing metu warnane ungu ada artine gak yah?

namaku wendy mengatakan...

hmm *sok manggut-manggut, ngerti*
iya juga sih, bener banget ituh. pinter yo jubule mas mut iki. sering suka ngantuk-ngantuk sampe mo ketiduran malahan nungguin itu loadingannya, ujung-ujunge ws pateni ae koneksinya *mutung mode-on* kekeke

Tisti Rabbani mengatakan...

wah, Mut...makasih ya...jd tau nih :D

Unknown mengatakan...

Wah info yang sangat bermanfaat, kadang kita mau baik hati, mbaca dan komentar tapi kalau lelet akhirnya ditinggal
Lhaa saya pakai live traffic feed yang kaya gini ngganggu nggak sih?? Apa itu maksudnya?
Mbok sekali kali penyaku didiagnosis

Unknown mengatakan...

Sdh saya buka ternyata banyak merahnya
warning: total object, image, size
lha ters yiye...?

zujoe mengatakan...

wewww... mas semut ini hebat juga ya???? tak coba dulu dehh...

*koq masih pengen makan peyek semut aku ya????

Unknown mengatakan...

makasih infonya...
saat ini alhamdulillah blog saya belom ada itung2an dan recent viewernya.. masih blogger amateur :D

dasir mengatakan...

Hadirrr

dasir mengatakan...

Akhirnya apdet kang..hehehe

dasir mengatakan...

Kang semut,kotak komennya sudah bisa,monggo ditengok..mtrnwn gih kang..

Kabasaran Soultan mengatakan...

Mantap bro ... segera dilaksanakan usulannya habis dah banyak merahnya di aku.

Thanks

dasir mengatakan...

Wah mantab kang..pamit ya..gmn puasanya kang?

mel mengatakan...

mel suka males kalo buka yg lemot lemot,,,(pdhl ga tau tuh web nya mel dibuka ama org lain lemot apa kagak,,hhehee

online online mengatakan...

semutnya banyak banget,,,,,,kalo gigit sakit ga yah..
OOT bgt yah,,,heehee

Susy Ella mengatakan...

SEMUUUT.....katanya nih ..blog ella kebanyakan posting gambar wakkakaak..pas bagian image..warna merah...hohoooho

semuuut blog ella lambat gaa??

Unknown mengatakan...

wah, mantap. aku mesti cek blog ku nih. tks ya, mut

BrenciA KerenS mengatakan...

hahahahahah dan aku masuk blog ini mesti 4 kali repres.. =))

koneksi ku kalii yang error..atoo ada widget counter disini?

A. Hermana mengatakan...

assalamualaikum,
pa kabar mut?
pernah jga sih buka blog lambat,
and tips di atas oke juga.
bisa jadi doktor blog, mut lho...
wassalam

nietha mengatakan...

as always..mas semut selalu aksi info yang bagus banget.

Blog GABUS mengatakan...

S

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Blog GABUS mengatakan...

i

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Blog GABUS mengatakan...

p

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Blog GABUS mengatakan...

intinya, Blog saya perlu dibenahi

Fauzan NR [ fhom.blogpsot.com ]

Blog GABUS mengatakan...

eh, mas semut, tolong lihat blog saya lalu di periksa ya! kira-kira apa saja yang perlu diubah...

saya tunggu

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Jhoni20 mengatakan...

wah...wah perlu ngecek nih blog saya.....hehehehe...eh tapi kalo ada widget amazonnya juga kayaknya lambat deh soalnya di blog saya waktu dilepas entah karena kebetulan atau karena tidak tapi aksesnya jadi lebih cepat lho.......(meskipun akhirnya saya pasang lagi wkwkwkwkw)

BrenciA mengatakan...

hehehehe gw becandaa kaleee.. blog lo ok banget kok.. lancar terkendali tanpa hambatan... piiss daah!!! :p

neilhoja mengatakan...

WAOW.... mantep infomu mut... aku tak cek dulu kalo gitu.. :D

neilhoja mengatakan...

totalanku masi ijo mut... :D

Roizzz mengatakan...

yooo wesss coba aghhh... kayaknya seruuu

none mengatakan...

thanks nih atas infonya semut. btw..blog henny sekarang masih lambat nggak kalo dibuka? soalnya dulu kan kata semut lambat banget

vie_three mengatakan...

aq mau kesana dulu, tapi nungguinnya gak pake makan.... kan puasa..... wkekekekekekek

Zippy mengatakan...

Wkwkwkwkw....pinter banget ngeles'x, ixixixix....
Sip, ntar gue open new tab N komen Blog lo :D
*Nah, ini udah komen :D

Ivan Kavalera mengatakan...

~x( Thanks Rio. Langsung ke TKP nih.

TRIMATRA mengatakan...

hasil survei membuktikan blogger baru sangat suka memajang widget apa saja entah itu penting atau enggak widgetnya, namun seiring dengan makin dewasanya umur..lambat laun mereka akan membuang satu demi satu dan memilih konten yg ramping namun friendly.

seep bro kata bahasannya!!!

Yanuar Catur mengatakan...

aku suka banget nih
apa lagi ada warna merah kuning ijo nya?!
wakakakakak

sitoradostdaram mengatakan...

rio. aq mampir nih.. hehehheh.. klo gue ga mampir, lu dong yg mampir kt4ku. jd pas lu tinggalin jejak, saya teh tahu.. jadi psti lgsg aq maen t4 kamu.. soalnya lagi minim waktu nih.. sdg mmanfaatkan waktuku dgn hal2 yg brguna...

DUNIA POLAR mengatakan...

yang bikin lola tuh widgetnya, jd jgn trlalu bnyk widget :D

soewoeng mengatakan...

hmmm sambil mangut mangut

simahir mengatakan...

Sekali diberitahu langsug saya coba deh ke TKP.
Makasih Mas

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Kayaknya yang dibahas ini aku banget ...... makasih sobat,...... saya akan coba kembali benahi blog aku.

neilhoja mengatakan...

iyah... widget emang bikin lambatt...

dwina mengatakan...

oooo gitu tho.. melongo.com wakakkakakka...hmm tapi masalh di laptyku bukan itu mas mut... masalahnya lapty ku kok lambaaattt banget loadnya bukan buka i-net lho tapi ke windows aja lelet buanget.... napa yah.... kemarin udah di degfram tapi belum ampe 100 persen udah tak pause. mo kerja sih...

dwina mengatakan...

ceilleee manggilnya kok mas mut yah....waduh keseleo lidah tuh......
nggak boleh di sambung ntar ada yang kesamber hehehhehe

dwina mengatakan...

dateng lagi....dah ketularan dek keknya...
udah ah ada yang lagi berantem pasukan semut lawan kucing yang menang bintang
IYEEEE..........

cerita cinta mengatakan...

wah, thanx tipsnya mas semut....
untung aku ngga pake banyak widget-widget kayak gitu.....

Ranie mengatakan...

hasil review blog aq..
merah 5
kuning 3
ijo 3

nah gmn dunk...

Blog GABUS mengatakan...

mampir lagi...
maaf ya..

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Pulsa Murah | Bisnis Online | Eros mengatakan...

thanks mas infone, saya pernah dapat kabar tntang ini. coba cek lagi ahh *meluncurr

Pulsa Murah | Bisnis Online | Eros mengatakan...

yess status blog saya cuman satu dan ijo :d
MULTIM_SIZE - Congratulations, the total size of all your external multimedia files is 0 bytes, which is less than 10K.

buwel mengatakan...

Wah tak coba ya...maab neh telat...

a-chen mengatakan...

Mantabbbb...Makasih Ya.....;)

Unknown mengatakan...

siip mas rio
bermanfaat bgt deh, makanya aku gak pake 2 hal itu lg yg dibilang diatas, skrg msh di analisa, blom tau warna apa nih...moga2 blogku itu bersih dr virus deh

Alif mengatakan...

Mas ajarin gw bikin blog dong gw masih amatir!

Unknown mengatakan...

thanks for information and succesfull
Ramuan Herbal Untuk Radang Tenggorokan
Obat Herbal Luka Caesar

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

Blue link↑↑diatas↑↑, bisa kalian gunakan saat kalian kesulitan koment karena sedang ngeblog via ponsel.

Tinggalkan jejakmu disini Sob..
komentar kalian adalah semangat buat Semut untuk menerbitkan entri berikutnya.