Kamis, September 17, 2009

Cara Mudah dan Cepat Memberantas Virus Komputer

Virus emang uda jadi salah satu musuh besar buat setiap administrator data base seperti kita. Virus itu sendiri adalah sebuah program yg emang sengaja diciptakan dengan tujuan tertentu. Ia akan sangat mengganggu dan bahkan bisa merusak file-file yg bersifat penting, baik itu buat user sendiri maupun buat orang lain. Virus jenis ini biasanya akan menghapus file-file yg sifatnya krusial untuk runningnya sistem operasi. Sedangkan virus yg cuma bersifat mengganggu adalah virus yg biasanya menggandakan file-file yg ada dalam sistem komputer. Akibat penggandaan file ini, maka kapasitas space yg tersedia dalam hard disk akan semakin kecil. Bayangin aja, suatu komputer yg berisi suatu sistem operasi dengan file yg jumlahnya berjuta-juta itu lalu digandakan oleh virus. Wah gak kebayang kan gimana jadinya?
Bagi beberapa komputer yg uda punya program anti virus yg up to date, mungkin itu bukanlah suatu persoalan, karena anti virus itu akan mencegah berkembang-biaknya virus dalam sistem komputer. Tapi gimana dengan komputer yg cuma mempunyai program anti virus yg udah expired alias kadaluarsa, atau bahkan malah gak ada program anti virusnya sama sekali? Tentu aja virus tersebut akan gampang banget berkembang biak.
Nah... maka dari itu, sebelum semuanya semakin parah, ada baiknya kalian simak beberapa tips ringan untuk mengatasi serangan virus berikut ini.

1. Apabila komputer yg kamu pakai punyanya cuma anti virus yg udah expired atau bahkan gak ada anti virusnya sama sekali, cobalah untuk menginstal anti virus atau meng-up date anti virus kamu, akan tetapi biasanya virus tersebut selalu berusaha mencegah instalasi program anti virus atau proses update program anti virus tadi (varian Brontok, misalnya). Janganlah kamu memutuskan untuk memformat komputer kamu dulu.

2. Apabila komputer kamu terkoneksi dengan jaringan, cobalah untuk men-scan komputer kamu dengan menggunakan komputer lain yg memiliki program anti virus yg up to date.

3. Apabila cara tersebut belum berhasil juga, cobalah untuk me-restart komputer kamu dan masuklah ke safe mode, lalu jalankan software anti virus yg dapat beroperasi di safe mode sistem operasi windows.

4. Apabila cara-cara diatas belum juga dapat mengatasi serangan virus pada komputer kamu, maka sekaranglah saatnya kamu untuk memformat komputer kamu sebagai cara terakhir.

Oke Sob, itu tadi beberapa tips ringan yg mungkin aja bisa kamu praktekin ketika kamu merasa komputernya uda kena virus. Semoga bermanfaat ya... ntar abis ini biar aku jelasin satu cara yg lebih detail lagi, tapi tetep aja mudah dan cepat dalam memberantas virus. Hanya dalam waktu 10 menit, virus yg menggerogoti komputer kamu akan musnah..!!
So tunggu aja postingan aku selanjutnya...#

18 comments:

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

makasih mas atas sharingnya,..
oh yah,.. kalau ada waktu berkunjung ke blog aku. Mohon masukan.... apa tambah parah?
Terima kasih

AiWY mengatakan...

Pa kbr mas semut? Wah blog ny jd tambah mirip sarang semut. :D kok banner ny bukan semut lg? O ya kunjungi blog pacar aq ya mas. kumpulan resep

Tukang komen mengatakan...

Wah virus kompi tuh.. bentuknya seperti itu ya cak... ngeri yah.. dikompi kita berkembang biak cacing danse bagainya.. he..he..he.. *lagi oon mode..*

Zippy mengatakan...

Untung punya'Q anti virus'x up 2 date mulu, hehe...
Tp kadang emg sebel kalo virus s4 ngerusak file2 kita, pengen nangis, hehe...

JHONI mengatakan...

siiip.....tipsnya sesuai dengan apa yang orang IT katakan dikantor saya......

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Ramadhan sebentar lagi khan pamit
Kemenangan akan kita gapai di hari yang fitri
Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa
Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
Kami sekeluarga menghaturkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
Taqobalallahu minna wa minkum
Mohon maaf lahir dan bathin

Blog GABUS mengatakan...

moga-moga saja, setelah hari raya ini, semua virus pada hilang...

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Blog GABUS mengatakan...

O'ya. lebaran ini, para virus pada mudik...
hehehe

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

met idul fitri.

KangBoed mengatakan...

Kedaling rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum
Wilujeng Idul Fitri 1430 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.
Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan

KangBoed mengatakan...

Terselip khilaf dalam candaku,
Tergores luka dalam tawaku,
Terbelit pilu dalam tingkahku,
Tersinggung rasa dalam bicaraku.
Hari kemenangan telah tiba,
Semoga diampuni salah dan dosa.
Mari bersama bersihkan diri,
sucikan hati di hari Fitri.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
Taqoba lallahu minnaa wa minkum
Shiyamanaa wa shiyamakum
Minal ‘aidin wal faizin
Mohon maaf lahir dan batin
Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
I Love U fuuulllllllllllllllllll

JHONI mengatakan...

profil yang ada fotonya ntu ya kang????....eh kalo gak diaktifin gak keliatan ya kang???

gak bisa nyeklik untuk dimana nya kang.....hehehehe maklum gaptek nih!!!!

IHSAN mengatakan...

wah setahuku klo parah

main install aja

ternyata ada cara lain yang lebih aman :((

kawanlama95 mengatakan...

info yang bagus neeh terima kasih atas tipsnya

mantan copet mengatakan...

Buagus banget infonya Mas, hiiiy.. jadi ngeri liat virusnya kayak cacing, xixixi...

elpa mengatakan...

lambat ni tp gak papa kan...tips nya amat berguna buat ku...makasih bnyk.di tunggu lebih lanjutnya....

Herna Ismayanti mengatakan...

thanks for information and successfull
Kandungan Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan
Cara Mengobati Tumor Lambung Tanpa Operasi

Herna Ismayanti mengatakan...

thanks for information and succesfull
Ramuan Herbal Untuk Radang Tenggorokan
Obat Herbal Luka Caesar

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

Blue link↑↑diatas↑↑, bisa kalian gunakan saat kalian kesulitan koment karena sedang ngeblog via ponsel.

Tinggalkan jejakmu disini Sob..
komentar kalian adalah semangat buat Semut untuk menerbitkan entri berikutnya.