Senin, Juli 13, 2009

Untukmu Yang Pintar Menghujat Tanpa Mampu Memberiku Semangat

Hai Sob... apa kabar? Masih inget aku kan? Rio nih si Semut. Seorang blogger yg sebagian orang ngecapnya sebagai 'pria bejat, nggak lebih, yg hanya mau memuaskan hawa nafsunya aja' atau 'sebagai seorang suami yg begitu teganya nelantarin istri yg lagi hamil' atau apalah semau kalian pengin ngecap aku sebagai apa, terserah.! Aku juga udah gak peduli.

Huuff... bingung Sob, sebenernya aku gak tau lagi apa yg mau aku tulis kali ini. Semua inspirasiku hilang entah kemana. Sumber inspirasiku udah mati. Ibarat pagi aku udah gak punya lagi Sang Mentari. Ibarat Kumbang aku tak lagi punya tangkai kembang madusari. Ibarat taman, tiada lagi bunga-bunga kecil yg tengah mekar tumbuh bersemi. Semua udah mati, musnah bersama rasa yg dia bawa pergi berlari.
Jadi buat apa lagi aku disini?

Gemericik air tak kan pernah lagi terdengar. Sungai itu tak kan lagi punya bebatuan.
Kutilang jalangpun tak kan lagi sudi bernyanyi, pepohonan hutan tak punya lagi dedaunan. Pagi datang terasa sunyi, siang menjelang terasa gersang dan malamku gelap tanpa satu bintang yg bersinar.
Jadi untuk apa aku bertahan? Untuk siapa aku berdendang? Semua ini tiada lagi punya arti.

Atau memang ini yg kalian mau.?
Teruus.. terusin aja kalian hujat aku, terusin aja kalian salahkan dia, nganggeb dia perusak rumah tangga. Asal kalian tau ya, dia tuh sahabat yg bisa nerima aku apa adanya, mau dengerin dengan cermat setiap keangkuhan yg aku ungkap. dia gak pernah berniat ngancurin rumah tanggaku, meski aku tau ia mampu. Justru dia yg paling giat ngasih aku semangat. Biar rumah tanggaku ini selamat dan gak sampai hancur jadi debu. Berserakan bersama tepukan puas setan-setan laknat.

Heeff... apa yg mau aku tulis kali ini? Antara Cinta, Mertua dan Orang Tua.?
Kalau boleh aku serakah, pasti aku akan memilih ketiganya, tinggal bersama orang tua, bersanding sang mertua dan bisa memiliki Cinta itu seutuhnya. Tapi yg namanya pilihan. Bagaimanapun juga aku harus mampu memilih salah satunya.
Kalau aku memilih orang tua, tentu aja ada istri yg kian hari kian tersiksa. Kalau aku memilih mertua, sudah pasti orang tua yg akan makin menderita. Dan kalau aku memilih Cinta, apa juga nanti orang berkata? Aku masih punya logika Sob, aku masih punya rasa. Gak mungkinlah aku mengorbankan, melukai banyak hati, hanya untuk memuaskan diri.
Meski buat aku, gak ada kata menyerah dalam kamusku, gak ada kata gak mungkin dalam diriku, semua apa yg aku mau, kalau aku mau, pasti aku akan ngejar itu, sampai ia ku dapatkan, meski ia ada di seberang laut sekalipun.
Tapi sekali lagi, pasti nanti akan ada banyak hati yg luka dan tersakiti.

Sebesar apapun cinta aku sama dia, gak mungkin juga aku dapat miliki dia seutuhnya. Gak mungkin juga aku lalu nekad menyuntingnya, karena aku sadar, aku uda gak berhak lagi atas itu. Kita hidup di dunia ini hanya sekali, mati sekali dan memang sudah seharusnya kita menikah juga sekali.

Jadi jangan pernah anggab kami udah melangkah terlalu jauh. Itu sama sekali gak bener. Memang aku akui, aku cinta banget sama dia, aku sungguh sayang sama dia, tapi belum tentu juga kan dia punya rasa yg sama buat aku?
Ini semua bukan ilusi Sob, aku gak sedang berminpi. Salah besar kalo kalian nganggep ini cuma nafsu. Ini murni kata hati.

Orang bijak pernah berkata,
"Saya tahu kenapa anda tak pernah menemukan jawaban yang memuaskan, sekalipun itu bertanya pada semua orang dan mendapatkan sekian banyak saran.
Karena sebenernya anda sudah tahu jawabannya dan
sudah tahu juga, apa yang jadi keinginan dari hati yang paling dalam sebagai jalan tuk keluar.
Namun bila anda bertindak sesuai dengan kata hati dan apa yang anda inginkan, anda sebenernya takut dan ragu, karena itu akan menyakiti banyak hati dan semua orang akan menilai buruk atas keputusan itu.
Pada intinya, balik lagi, semua karena Cinta. Selagi masih ada cinta, semua hal sulit akan mudah terselesaikan.
Tapi bila cinta yang sudah pergi, masalah sekecil apapun akan menjadi sesuatu yang sulit sekali.
Jangan menganggap kecil dengan cinta yang lain
meski cinta itu datang dari dunia maya sekalipun.
Jangan menganggap bahwa orang mengenal lewat internet tak bisa jatuh cinta secara luar biasa walaupun itu juga belum pernah bertemu.
Orang lain hanya mampu menilai dan menyalahkan, tapi yang tahu keinginan itu adalah diri Anda sendiri."

So.. apakah lalu salah kalo akhirnya aku punya rasa itu? Punya rasa yg aku sendiri juga gak tau dari mana ianya datang dan untuk apa lalu dia meradang. Mengkoyak hati yg sedang gersang. Apakah aku salah kalau aku jadikan itu sebagai semangat buat aku mampu berdiri kembali. Membina rumah tangga ini biar gak hancur berantakan? Apa kalian pernah mencoba gantiin posisi aku? Mencintai seorang istri yg emang sejak awal gak pernah mampu aku cintai? Tak bisakah kalian bayangkan betapa itu sulit sekali? Aku butuh waktu Sob dan aku juga butuh energi. dan asal kalian tau, hanya dari dialah aku bisa dapetin energi itu. Karna dia gak pernah ngambil kesempatan atas cintaku, dia hadir buat membakar semangatku, dia ruh dari setiap jengkal langkahku, dia alur dlm setiap tulisanku. Tanpa dia, aku tak kan mampu lagi bernyanyi, berpuisi. Melampiaskan segala kepenatan hati. Menumpahkan semua sesak dalam diri.

Jadi pliss.. bawa dia kembali, jangan biarkan dia pergi, meninggalkan asaku dlm sendiri.
Atau jangan jangan emang ini yg kalian mau? Aku menutup blog, lalu kemudian terpekur menunggu mati??

58 comments:

Henny Y.Caprestya mengatakan...

Loh..??
jangan dong mut..kok jadi pesimis begitu?
terus semangat ngeblog ya

JHONI mengatakan...

wah saya lancang nih koment pertama!!!!........hm......berat juga jika sdh menyangkut cinta karena semua akan tertutupi karena"nya".....tapi pikirkan kembali sob....coba kompromi dengan diri sendiri dulu!!!!

jangan sampai hilang dari dunia blogger karena saya mulai suka tulisan anda!!!!

hehehe with piss and luv dari Bali

JHONI mengatakan...

lho cepat amat.....udh ada yg ngisi kolom pertama tadi sumpah itu kosong!!!!

sorry balik lagi!!!

yanuar catur rastafara mengatakan...

lets time do it
harus bisa, ngapain mikir pandangan orang lain
semut harus tetap bisa bersama
dan lebih semangat
oke semut

Linda Belle mengatakan...

loh ada apa ya mas semut...

mommy adit mengatakan...

Lho.. kisah yang ada di blognya mantan copet itu sebenernya kisah siapa siy? **bengong**

Ivan@mobii mengatakan...

Waduh ini ada apa yah? Kalu aku ada salah kata,mav in y bang io... Gak da mksud kok!

Tukang Komen mengatakan...

:( sedih hatiku membaca tulisanmu ini cak... aku memang tidak mengerti dan tidak tau apa yang kamu rasakan saat ini, namun aku cukup paham dengan situasi yang sangat membingungkan yang engkau alami, cinta memang tak dapat dipupus hadirnya, kerinduan juga tak dapat ditolak,namun hanya diri kitalah yang tau bagaimana harus bertindak. Tetap semangat kawan, pantang menyerah.

Itik Bali mengatakan...

Mas Emut, kakakku yang ganteng dan baik..
gak ada yang menyalahkan mas Emut kok..
semua memberi saran (jangan dianggap sebagai hujatan ya) karena kita semua sayang sama mas Semut
Para Blogger ingin membantu masalah mas Semut, semampu kita
setiap kepala punya pendapat berbeda dalam memandang masalah mas..
Tapi pada intinya, pengin sesuatu yang terbaik untuk sahabat, yaitu mas Semut.

Entah kenapa ya saat saya baca postingan Antara Cinta, Mertua dan Orang Tua di Blognya mas Sugeng, saya bisa menulis kata-kata itu.
Berpura-pura jadi orang SOK BIJAK, padahal kalo ada masalah saya juga bisanya mewek aja.
Mungkin saat ini saya sebenernya juga mengalami masalah yang hampir sama dengan mas Semut.
Walaupun gak persis sama, saya bisa merasakan bagaimana saya jadi Mbak Imut.

Kalo mau jujur dari hati yang paling dalam
80% dari orang yang pernah berinteraksi dengan internet atau dunia maya pasti pernah mengalami yang namanya JATUH CINTA atau minimal TERTARIK dengan orang lain di internet.

Pasti Jawabnya 80% : IYA saya pernah Jatuh Cinta sama si A, si B, atau si C.

Kalo gak percaya, lemparin saya sendal satu toko deh...(maksudnya nanti kan saya bisa jual lagi)

Ada yang berakhir indah tapi ada yang berakhir tragis ampe nyungsep.

Jadi mas Semut gak perlu merasa bersalah atau merasa menjadi "paling engga banget" karena jatuh cinta lewat internet.

Itu Rasa yang amat wajar dan bisa menimpa siapa saja.
Sekarang yang penting mas Semut, konsentrasi sama kerjaan dan diri mas Semut sendiri.
Kalo mas Semut dalam keadaan sehat pasti bisa mengambil sikap dengan bijak pula..

Semangat yo mas !!!
Maju terus pantang mundur
Rawe-rawe rantas, Malang-Malang sekalian ke Batu
Masalah tuntas, Aku jangan dilempar Batu..
he.he

ajeng mengatakan...

Wah mas Rio,aku baru datang dari hiatus kok njenengan sekarang yg mau pergi. Sabar mas,semua pasti ada jalan keluarnya..

Belagak Cinta Mati mengatakan...

Kupejamkan mata ini..
mencoba tuk melupakan..
segala kenangan indah tentang dirimu
tentang mimpiku...

Semakin aku mencoba..
bayangmu semakin nyata..
merasuk hingga ke jiwa..
Tuhan tolonglah diriku...

Entah dimana dirimu berada...
hampa terasa hidupku tanpa dirimu...
Apakah disana kau rindukan aku..
seperti diriku yang selalu merindukanmu
selalu merindukanmu...


Tak bisa aku ingkari..
Engkaulah satu-satunya..
yang bisa membuat jiwaku..
yang pernah mati
menjadi berarti...

Namun kini kau menghilang..
bagaikan ditelan bumi..
Tak pernahkah kau sadari..
arti cintamu untukku..?

Ayas Tasli Wiguna mengatakan...

turuti kata hati bos :)

Yolizz mengatakan...

mas rio... jangan hopeless gitu dong.. apapun saran yang dikasih disaring aja mas,, trus dicerna baik2.. siapa tau ada yg berguna... okeh mas...

yg semangat yah!!!! ;)

alfi mengatakan...

wah..
semut jangan berhenti ngeblog dunkz n law ada masalah jangan terlalu dipikirkan ntar stress lo jadi nya kan semua jadi sedih:((

yang pernah jatuh cinta didunia maya mengatakan...

mas semut??kok postingannya bernada marah dan putus asa??
jangan menyerah donk mas.. ga ada yang menyalahkan.. komen dipenguasa malam adalah bentuk sayang dan kepedulian terhadap masalah ams semut..
jangan dianggap jadi hujatan...

mocca_chi mengatakan...

Jah.. kok bisa bisa melow begini abang, ada apa???

ohh.. itu kisahnya bang semut ya? Ngg.. tetep kek dulu, aku ga tau kasi saran apa, yang jelas tetap semangat ya bang ^ ^
Sebuah tindakan itu kan selalu bisa dilihat dari dua sisi.
sip bang... :)

riosisemut mengatakan...

HADUH... KAYAKNYA PADA SALAH PAHAM INI.

MAAF.. POSTINGAN INI BUKAN BUAT PARA PENGKOMENT DI BLOG PENGUASA MALAM.

INI SPECIAL BUAT BLOGGER YANG UDAH BENCI BNGT SAMA KELAKUAN AKU YG KATANYA CUMA MENGUMBAR HAWA NAFSU AJA. BUKAN BUAT KALIAN PARA SAHABAT TERBAIKKU.

MALAH AKU MAU UCAPIN MAKASIH BANGET ATAS SEMUA SARANNYA DAN INSYA ALLAH DALAM WAKTU DEKAT AKAN SEGERA AKU TERAPKAN.

MAKASIH BANYAK SOB..

buwel mengatakan...

sebenernya buwel mo ketawa neh nglihat judulnya......heheeheheh...tapi ko koment yang lainnya serius semua ya...ya udah serius wes.....
setuju ama petuah bijaknya tuh mas mut, keren.trus emang diri kita sendiri yang tahu karakter kita dalam menghadapi masalah kita, terus yang penting penyelesaiannya nggak melanggar norma dan hukum yang ada juga udah lebih dari cukup.
btw...semangatttttt

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Emang sekarang banyak yang punya kesenangan menghujat,... Tapi saya mendukung si semut koq.

Ali Mas'adi mengatakan...

bingung aku mbacanya.. btw salam kenal aja mas...

RanggaGoBloG mengatakan...

waduh... masa segampang itu to mas menyerahnya...???? ayooo semangat semangat... ingat.... seekor semut harusnya kuat mengangkat beban 40 kali lebih berat dari berat badannya sendiri.... jadi jangan pernah menyerah menyerah yah akang semut.... :D

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ini ada apa ya? gak ngerti. mut..kamu kenapa sih? siapa yg menghujatmu?

J O N K mengatakan...

wah, jadi menggebu-gebu nih mas semut, semoga inspirasinya kembali datang.

mau koment banyak takut salah :D

Susy Ella mengatakan...

sumpah ya ella bingung mau koment apa....
yg jelas...ella yang emang udah anggap semut sbg sahabat..nakama....jadi sedih baca posting ini

maaf ya mut kalo koment ella di blog mas sugeng ada yang bikin semut sedih or kesel....ella ga maksud menghujat ataupun menuduh semut dan her....ga sama sekali....ella hanya berpendapat sebagai seorang seorang sahabt yg ingin sabaht2nya bisa menyelsaikan maslahnya....

ella yakin kok ma kalian...kalian toh dah sama2 dewasa.....

apapun yg ella tulis...tulus dari hati utk seorang sahabt...maaf ya kalo ada yg salah ^_^

tetep semangat ya mut.....jangan ilang dari dunia blogger...please.... T_T

Susy Ella mengatakan...

SEMANGAAAAT MUT!!!!!

Susy Ella mengatakan...

emang siapa sih yg suka ngehujat semut....mana kasih tau ella...
biar ella hajar hheeheh (preman mode on)

ajay mengatakan...

waduh ono opo iki mut. bangkit semangat aku ada di belakang mu:D

AeArc' mengatakan...

santai sob!

betewei ada pelem tentang semut tuh di globaltv.. wkwk :))

riosisemut mengatakan...

@AeArc : iya Sob, ini juga lagi nyantai
@ajay : biasalah Jay, masalah hati
@ella : gak La.. bukan itu penyebabnya. Kamu gak bikin aku sedih koq, aku sedih karna hal yg lain
@jonk : makasi Jonk km masih care sama aku
@fanny : yang pasti tentu aja bukan kamu fanny Cantiq...
@rangga : iya Ngga, lha ini aku posting, sebagai bukti bahwa aku nyerah
@ali mas'adi : salam kenal balik Mas
@setiawan : trimakasih Pak.
@buwel : aku harap sikap km sama aku gak pernah berubah Wel
@mocca_chi : makasih ya chik..
@nitha : ini gak ada hubungannya sama koment di tmpt Mas Sugeng Nit
@alfi : gak Al, aku gak berhenti koq. Kalo aku berhenti berarti aku udah kalah donk..
@yollis, ayas : makasih ya Yol, Ayas..
@ajeng : iya Jeng, aku sabar koq
@itik bali : makasih banyak ya Ayu, atas segala kepdulian kamu sama masalah aku
@tukang koment : maaf Kang, ini bukan buat kamu, tapi buat orang lain, jangan tersinggung ya...
@ivan gak salah koq, ngapain juga minta maav
@mommy adit : bukan kisah aku lho Momm..
@linda : makanya baca dulu Teh, biar tau masalahnya
@yanuar : makasih Yan...
@jhoni : gak Kang aku gak akan ngilang koq, aku gak mau di bilang kalah. Kalo aku ngilang berarti aku nyerah donk...
@henny : makasih banyak ya Heeeeen...

bintang mengatakan...

dateng lagi nih... hmm tertarik ama judul postingannya secara diriku termasuk orang yang komen panjang banget di penguasa malam hehhehe kerasa hati gitu.

setelah aku berfikir jauh kedalam masalah ini rasanya gak adil banget kalo aku terus2an ngediemin masalah ini. aku gak mau ada salah faham lagi dan aku ingin ngeblog tetep asik seperti dulu. perasaan aku ke pemilik blog dari dulu sampe sekarang gak berubah. aku tetep nganggep dia temen sama seperti yang lain.

Kadang emang aku gak habis fikir, kenapa dia bisa punya perasaan seperti itu. yang kalo di pandang dari sudut manapun tetep aja salah. aku yakin kalo disuruh memilih dia pengen gak punya rasa yang jelas2 sakit banget. tapi dia juga gak bisa melawan ketika rasa itu datang ke hatinya tanpa di pinta. aku rasa ini semua hanya sementara. besok aku harap dia kembali ceria. mengenai perasaanya biar itu jadi miliknya dan itu adalah haknya sebagai manusai yang memiliki rasa.

aku harap kehadiranku gak menimbulkan salah fahan pada teman2 semua. aku datang sama seperti aku mendatangi blog sahabat yang lain. gak lebih hanya karena rasa persahabatan di dunia blog.

Nee mengatakan...

semut... aku ga tau harus ngomong gimana yah..
aku ngerti banget rasanya tidak bisa mencintai orang, walau pun sudah berusaha..
*jadi inget si dia yang berusaha mencintaiku dan dia tidak bisa, kemudian dia pergi tinggalin aku demi mencari cinta yang baru. aku mencoba ngerti kok kayaknya susah*
Yah.. aku sebagai sahabat mut cuma bisa dukung semut aja, semoga spirit ruh dan semangat bisa kembali lagi, tanpa tergantung siapapun juga.. oke mut :D

AJIEEEE mengatakan...

mas mut yang semangat donk semangat ko loyo gitu

IjoPunkJUtee mengatakan...

Setiap masalah pasti ada penyelesaiannya BRo...!! Keep Spirit....!!

sii melyn mengatakan...

La Tahzan. Innallaha ma'ana.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kemarin udah koment. kok gak ada ya?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

oo..iya...ada tuh komentnya. Mut....siapa yg udah ngatain kamu itu?

Fanda mengatakan...

Kayaknya kamu lagi sensi banget yah? Cobalah untuk menyelesaikan masalahmu, lbh banyak pakai logika daripada mengumbar emosi. Mungkin ada baiknya kamu 'menyepi' dan coba memetakan satu persatu problemnya. Ibaratnya lg menjahit, trs benangnya 'mbundeli', pasti kamu hrs berhenti menjahit dan coba urai keruwetan itu. Karna klo dipaksain terus, malah jahitannya hancur.

Bukannya aku mengharap kamu pergi dari dunia blogger ini, tp (ini hanya usul) gimana klo kamu cuti beberapa waktu dari dunia maya. Cobalah menenangkan diri, cari kesibukan lain. Dgn begitu kamu akan bisa melihat semua permasalahan dari sisi yg berbeda dan hati & pikiran yg lebih jernih.

Semoga dgn begitu kamu langsung melihat, masalah utama ada dimana. Klo itu ketemu dan dipikirkan jalan keluarnya, semua keruwetan yg lain akan terurai juga. Good luck ya!

Ijoroyoroyo mengatakan...

tabir gelap,
yang dulu hinggap,
lambat laun mulai terugkap... (Iwan Fals)

Susy Ella mengatakan...

sama nih ma mbak fanny....ella penasaran nih siapa sih org yg udah hujat semuuut.....

ga usah didengerin mut....cuma masalah sudut pandang kali yaa......

ella terus terang....kalo soal perasaan ella ga ngerti...blm pernah tuh jatuh cinta heheh..kalo sekedar suka doank sih sering hehe....
tapi sbg nakama.....ella coba utk mengerti apapun itu yg semut rasakan.....apakah itu salah atau benar...hanya tergantung dari sudut pandang dan cara berpikir seseorang.....

Jangan berpaling dari Allah SWT...minta petnjuk padaNYA....hanya DIA yang MAha Segalanya...DIA yang bisa membolakbalikkan hati seseorang hanya dalam sekejap...tetaplah yakin pada NYA

moga semut ceria kembali ^_^

dian mengatakan...

mas semut...
jangan menyerah. ini bagian dari proses untuk membuat semua berbahagia pada akhirnya.
serahkan saja sama the Master, the Creator, the Director of the world. nanti kan semua ada jalannya

ROSMANA APOLLA PUTERA mengatakan...

komennya banyak juga yah...
oh ya... btw salam kenal ya mas

buwel mengatakan...

aku kok ngguyu lihat puisinya ijoroyoroyo, secara nggak biasanya dia ngutip lagu...iwan fals lagi...heehhhehe...
met sore mas mut....

D-dee mengatakan...

sabar mut, jangan putus asa.

Yunna mengatakan...

mmm... ga bisa ngomong apa2...

J O N K mengatakan...

tetap semangat mas semuuutttt !!!! :D

PRof mengatakan...

Datang tanpa blek er-ji.....
Sebenernya ngebet juga sama si Turtles bro...tapi blek er ji dah menorehkan CINTA di hati...so, tukar menukar tak jadi...xixixixi....

vie_three mengatakan...

:-o loh bang rio ada apa??? kenapa siy peduliin orang yg bilang2 kayak gitu..... anjing menggonggong kafilah tetap berlalu bang....

ayo2 semangat bang rio.....

maseta mengatakan...

tenang bang..hidup itu bagai roda kadang diatas kadang dibawah yang sabar...

just another newbie blog
maseta.info adalah web portal untuk saling berbagi pengetahuan dan informasi terkini tentang joomla, blogger, internet, berita hot, foto artis, video lucu, free download mp3

KangBoed mengatakan...

Waaaah salute maasss tulisannya indah dan reflektif banget.. harus belajar neee
Salam Sayang

rosi mengatakan...

heeemmm, bingung harus komen apa, banyak makna tersembunyi dari kalimat-kalimat ini. satu sm lain slg melemahkan, tp di sisi lain bikin ceritanya jd begitu kuat dan berkarakter

dykapede mengatakan...

tadinya kaget, kirain uda ga ada lagi tempat komennya...moga semuanya pinter yah, ^_^...V

Tukang Komen mengatakan...

berkunjung malam, semoga masalahnya semakin ringan dan terselesaikan...

biE mengatakan...

kyaknya sebagian besar dari kita pernah mengalami hal ini bro. biE juga..:X sampai suatu hari tersadar saat di bicara..
"pengen banget ngejadiin hubungan ini seperti dulu awal kita ketemu. saling ketawa,becanda..saling support. bukan malah ngejadiin ini sebagai beban,marah2,bingung,takut. Kita saling sayang, tapi kita sama2 tahu kita nggak mungkin bersama, jadi aku mohon, jadikan hubungan kita lebih positif"
tertamparlah diriku.. tersadar.. :)
bebyh kuh sangat berharga. Lebih berharga memilikinya sebagai teman ..daripada tidak memilikinya sebagai teman atau tidak PERNAH memilikinya. :) dan aku masih memilikinya SEUTUHnya di internet.. :X sampai nanti..waktu itu tiba.
semangat mas semut.. :D

Fauzan NR mengatakan...

Kayak'e, kok podo wis bisa bikin blog rame tho?

Blog saya kelaparan, kasihan butuh pengunjung....

Tapi, kalau anda berkenan membimbing saya... saya sangat berterimakasih.

Saya masih pemula belum banyak penegetahuan....

Jadi... tolong ya?

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Azzaam mengatakan...

aku ikutan terharu....

Anonim mengatakan...

saya tahuu betul apa rasanya posisi istri yang di abaikan suami dan suami yang tidak mencintai saya. kalau saya bisa kembali lewat mesin waktu saya ingin keluar dari mimpi buruk itu

jual rumah di kemang mengatakan...

yang lagi mau jual kebun sengon mau bagi info nich tentang bibit jabon dan kayu jabon bagi yang suka bertani

jasa ekspedisi mengatakan...

mampir nich dari JAKSEL...

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

Blue link↑↑diatas↑↑, bisa kalian gunakan saat kalian kesulitan koment karena sedang ngeblog via ponsel.

Tinggalkan jejakmu disini Sob..
komentar kalian adalah semangat buat Semut untuk menerbitkan entri berikutnya.