Selasa, Desember 30, 2008

Kata Penutup di Akhir Tahun

"ya Alloh...hukumlah mereka yg dzolim dng azab yg sepedih-pedihnya melebihi azab yg telah Kau timpahkan kepada umat sebelum kami. Amin..."

Sebenernya di penghujung 2008 ini aq pengin ucapin Selamat Tahun Baru 2009 buat kalian semua dng memposting foto2 yg aq janjikan kmrn. Tapi berhubung banyaknya saudara2 kita yg lain yg saat ini tengah berduka, sepertinya aq sangat egois kalo masih memaksakan juga untuk posting foto2 tentang hari bahagiaku itu. Ntar dikiranya aq pamer atau apalah pokoknya aq gak mau dikatakan kayak gitu.

Sebab seperti banyak diberitakan di tivi-tivi, bahwa kmrn menjelang dan pas bertepatan tanggal 1 Muharam atau 1 Suro (kata orang Jawa), telah terjadi banyak tragedi yg cukup mengenaskan. Diantaranya adalah tenggelamnya perahu nelayan di Pemalang yg merenggut puluhan nyawa.
Hilangnya 5 pelajar di perairan Tabanan Bali.
Terbaliknya kapal kecil yg tengah melakukan upacara sedekah laut di Banyumas.
Banyaknya kecelakaan di jalan raya dan yg lebih membuat aq trenyuh adalah tewasnya 375 orang lebih dlm agresi militer yg dilakukan Israel keparat, di jalur Gaza Palestina beberapa hari yg lalu.
Palestina
Nah tentang serangan Israel ini, sebenarnya apa sih yg mereka mau? Masalah agama? Kalo aq rasa ini sudah bukan masalah agama lagi, tapi sudah menyangkut masalah kemanusiaan. Dan memang sudah seharusnya kalo seluruh umat di dunia dan bukan hanya umat Islam aja, berontak, mengecam keras karena memang serangan itu menewaskan sebagian besar anak2 dan wanita.
Korban Israel keparat
Sungguh perbuatan yg tdk berperi-kemanusiaan sama sekali.
Dan yg lebih membuat geram, Amerika gak mengeluarkan pernyataan apapun tentang tragedi ini padahal sdh jelas2 dia adalah sekutu Israel dan aq yakin mereka adalah satu paket dlm masalah ini. Pasti Amerika adalah dalang dibalik itu semua.
Korban kekejaman Israel
Memang sih kelihatannya Amerika gak ikut-ikut dlm serangan tersebut, tp mana buktinya. Kalo memang gak ikut harusnya dia bersikap menengahi karna seperti pengakuannya bahwa dia menganggab dirinya sebagai polisi dunia.

Wuaduh kayaknya berat bngt kalo aq lanjutin topik ini, dan yg ada malah emosi ntar yg akan timbul, jadi mending kita ganti aja ya.. kita ikut mengecam Israel lewat dunia Blog ini aja.


Hmmmm...bulan suro.
Menurut adat Jawa, bulan suro merupakan bulan yg sangat sakral karena bulan itu dianggab sebagai bulan yg suci, bulan untuk melakukan perenungan, bertafakur, berintrospeksi, serta mendekatkan diri pada Sang Khalik.
Cara yg dilakukan biasanya disebut dng laku, yaitu mengendalikan hawa nafsu dng hati yg ikhlas untuk mencapai kebahagiaan dunia akhirat.
Laku tersebut dpt diwujudkan dng berbagai cara antara lain, meditasi untuk merenungi diri ditempat2 sepi seperti di puncak gunung, di tepi pantai, di goa2 dll.
Namun kalo dicermati kegiatan semacam ini adalah merupakan upaya untuk menemukan jati dirinya agar selalu tetap eling lan waspodo.
Eling maksudnya harus tetap ingat siapa dirinya dan dari mana 'sangkan paraning dumadi' atau asal mulanya,
Kedudukan kita sebagai makhluk Tuhan bertugas menjadi khalifah manusia di bumi baik buat diri sendiri maupun orang lain.
Sedangkan waspodo berarti harus tetap cermat, terjaga, waspada terhadap segala godaan yg sifatnya menyesatkan. Karena sesungguhnya godaan itu bisa menjauhkan kita dari Sang Pencipta, sehingga dpt berpengaruh terhadap upaya mencapai diri yg 'manunggaling kawulo Gusti' atau bersatunya makhluk dan Penciptanya.

Aq sendiri sampai sekarang masih selalu inget kata2 Eyang yg mewanti-wanti untuk jng melakukan bepergian di tanggal 1 suro, apalagi pergi atau mandi di Pantai Selatan.
Konon katanya di setiap bulan Suro, sang Penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul, selalu punya hajatan besar yaitu menikahkan putrinya. Dan akan sangat merasa terganggu kalo dipermukaan ada manusia yg sedang melakukan aktifitas.

Makanya menurut adat Jawa, pernikahan di bln inipun sangat dihindari karna takutnya disangka menyaingi Sang Ratu dan kalo ini di langgar, diyakini itu akan membuat sang Penganten atau keluarganya gak akan mendapat kebahagiaan atau selalu mengalami kesengsaraan, baik itu tragedi perceraian, meninggal, kecelakaan ataupun yg lainnya. Entah kebenaran akan hal itu ada atau gak, yg jelas masyarakat Jawa secara turun temurun menghindari bln Suro untuk menikahkan anak-anaknya.
Padahal kalo menurut Islam, semua hari dan bulan itu baik untuk melakukan kegiatan termasuk menikahkan anak.
Aneh memang. Tp itulah yg namanya tradisi, kepercayaan. Akankah masyarakat Jawa dimasa mendatang akan lain lagi memaknai bulan Suro. Jawabnya kembali pada diri kita masing-masing sebagai anak cucu generasi penerus mereka.

Oiya sebagai kata penutup
aq ucapkan,
Selamat Menyongsong Tahun Baru 2009.
happy new year 2009
Sebab bsk aq gak bisa posting lagi, mau jalan menyongsong thn baru berdua sama Diajeng.
Oke Friend...sampai ketemu di thn depan.
Semoga tahun depan akan lebih baik dari tahun-tahun kmrn. Amin..

15 comments:

Susy Ella mengatakan...

SAVE OUR PALESTINE.....

diujung tahun...memang banyak banget tragedi....kita (ella khususnya) musti selalu intropeksi diri nih...moga tahun baru ini kita lebih baik lagi yaaaa

semuuuuut....tukeran link yuuuuukkkkkk

suwung mengatakan...

selamat tahun baru....
inget taun baru inget umur berkurang bos

Cebong Ipiet mengatakan...

ebong liat britanya di tipi
B I A D A B
ngeliat petanya palestina
bener bener terkungkung terisolir dikelilingi wilayah israel
PBB? Perserikatan Babu Babu? Babunya Israel
waaaaaaaaaaa melu mencak mencak
bahkan emak saya yg ngga ngerti politik, cukup melihat dari satu sisi KEMANUSIAAN
sampe ikut ngamuk ngamuk....
Hewan macam apa yg berani beraninya membunuh manusia g berdosa itu

riosisemut mengatakan...

@ebong: tu kan marah-marah...
Makanya aq gak lanjutin topik tadi. Emang dasar Israel keparat, biadab, hrrrrrr... esmosi aq. Sumpah..

@suwung: iya Kang.. aq jg slalu ingat akan hal itu. Umur makin berkurang.

@ella: yuuukkkk betul bngt Yank...
Kita musti introspeksi diri.
Bkn cuma di link, aq malah uda nyimpen km di dashboard, La...

bob mengatakan...

turut berduka untuk saudara-saudara kita di palestine..

sampe ketemu taun depan ya mas.. :)

Putridevi mengatakan...

Save Palestine Save The World

Bdw, aq dah berdamai sma hatiku... Aku menang!! Tpi klo minta balikan, Jas in your dream bibeh... Ahahahahaha...

riosisemut mengatakan...

@soulmate: alhamdulillah...tp klo mau balikan jg gpp koq, jng terlalu kaku. Lupakan egomu.
Bdw, gak jd ke Afrika?
@bob: iya Mas see you next year.

chupAchuPs mengatakan...

salam.
ai ai cemut cumel.
camat taon baru.
ikutin loh blog gue ya.
:DDDD

Putridevi mengatakan...

Aduh semut timbuktu itu kan 2000 mil dr kota bebek... Jauh bgt... Ahahahahaha...

Putridevi mengatakan...

Balikan??? Doooh.. Ntar dlu dh mut... Liat dia'a bisa gag ngelepasin selingkuhan'a... Walopun dr kel jg msh condong k saiyah...

crazy lil outspoken girl mengatakan...

waaahh...kayaknya kita gak saling keal tuh mut...
heheh...
kayknya wkt itu gak sengaja blogwalking kesini!
eniweis,happy new yeaaaarrrr!!!

AiWY mengatakan...

mas semut maaf kemaren ga jadi koment coz kehabisan pulsa. :)

sekarang mau koment.
klo cerita israel, masalahnya adalah israel ingin mendirikan negara dari sungai niil sampai sungai... *apa ya? lupa aq* klo mau jelas baca aja di detik.com. mumet aku bacanya, coz terbawa emosi so ga konsen.

klo bulan suro... aku percaya ga percaya. ga percaya karena emang sifat aku yang ga percaya dengan yang gituan, dan percaya karena banyak orang yang percaya. ga konsisten ya? :D

photonya tunggu moment yang tepat aja mas. tunggu pas geap sebulan aja. :D

Sstt... putridevi ya? hayooo... diajeng ga cemburu mas?

riosisemut mengatakan...

@AiWY:
Waduh...komengnya serius bngt.

@crazy lil:
Oke, thanks gal, welcome to my nest.

@devi:
Terserah km aja deh, yg pnting km jng sedih terus.

@chupAchup:
Oke makasih Non.
Salam balik.

Putridevi mengatakan...

@Aiwy
Heuheuheu..,. Gag dunk... :p

buwel mengatakan...

met tahun baru...

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

Blue link↑↑diatas↑↑, bisa kalian gunakan saat kalian kesulitan koment karena sedang ngeblog via ponsel.

Tinggalkan jejakmu disini Sob..
komentar kalian adalah semangat buat Semut untuk menerbitkan entri berikutnya.