Kamis, Mei 28, 2009

WASPADALAH Kalian Para Penggila Mobile Blogging !!

Anda penyuka sesama jenis?? Walaaaah salah.. maaf maaf,
Anda penyuka Mobile Blogging? Kalo iya, sebaiknya mulai sekarang Anda WASPADA..!!!

Sorry Sob, tulisan aku kali ini bukan bermaksud mementahkan semua apa yg udah dipaparkan sobat kita bi2t.com. Bukan. Sama sekali bukan. Justru aku malah ikut ngendukung dia, sebab semua yg diajarkan itu adalah baik dan sama sekali gak bertentangan sama ajaran agama dan Undang-undang Dasar 1945, hehehe....

Juga bukan bermaksud nakut-nakutin ataupun nganjurin kalian untuk segera tobat dan berhenti ngeblog via ponsel. Sebab semua pasti udah tau bahwa ngeblog via ponsel itu justru lebih efisien. Bisa dilakuin kapan aja dan dimana aja serta lebih bisa menghemat waktu dan biaya. Eh...tergantung kartu selularnya ding, xixixi... dan itu juga kalo Opera Mininya diseting tanpa image. Tapi kadang susah juga kalo pas ngomentarin blog yg masih pake verifikasi kata kayak punya Yolisz, RCO dan beberapa sobat yg lain, aku lupa.
Lagian buat apa sih Sob musti pake verifikasi kata segala? Itukan cuma buat buktiin bahwa yg koment itu manusia dan beberapa species lainnya, bukan robot, setan, jin dan sejenisnya.
Loh koq malah ngomongin itu sih.. sampai dimana tadi? Oiya, lalu kenapa aku nyuruh kalian, para penyuka mobile blogging, buat WASPADA??

Begini Sob, selain bisa mengakibatkan jari jempol bengkak dan bernanah, atau orang Jawa biasa bilang 'canthengen', ternyata ngeblog via ponsel ini, juga bisa meningkatkan resiko timbulnya penyakit berbahaya yg dinamakan Repetitif Strain Injury atau disingkat RSI. Weeh..!! Tumben-tumbenan Semut tau tentang penyakit manusia??

Repetitif Strain Injury itu apa sih Mut?
Repetitif Strain Injury itu kalo dalam bahasa Semut dinamakan cidera otot berat. Cidera seperti ini biasa terjadi pada sendi-sendi jari dan pergelangan tangan.

Lalu penyebabnya Mut?
Macem-macem. Bisa karena ngabisin waktu berjam-jam ngetik di depan kompi, terlalu banyak menekan tombol konsol videogame atau terlalu sering mencetin keypad pada ponsel. Nah Lo...
Makanya Sob, berhati-hatilah kalian dalam menuliskan setiap karakter huruf pada saat ngeblog via ponsel, karena bisa jadi salah satu dari karakter itu adalah sebuah awal dari kecacatan kalian karena harus merelakan jempolnya di amputasi.

Weeh...!! Segawat itukah Mut?
Yup, menurut Dr. David Cosgrave, dokter asal Inggris yg pertama kali nemuin penyakit ini, bahwa ia udah nemuin dua orang yg terserang Repetitif Strain Injury dalam sebulan. Dan keduanya disebabkan karena terlalu sering memakai perangkat genggam atau gadget.
"Sekian banyak remaja yang terlalu sering mengoperasikan Playstation atau menggunakan ponselnya secara berlebihan dapat menderita peradangan yg menimbulkan rasa amat nyeri di lengan bagian atas dan pergelangan tangannya, juga pada sendi-sendi jarinya." kata Cosgrave dengan Bahasa Inggrisnya yg sangat fasih.
"Dan rasa sakit itu bisa semakin parah, jika diikuti dengan serangan lainnya."

Tim Hutchful dari British Chiropractic Association mengatakan bahwa seseorang yg mengetik terlalu banyak karakter pada ponsel secara reguler dapat mengalami cedera otot yg parah. Meski itu akan terjadi dalam waktu yg lama, namun serangan tersebut bisa sangat menyakitkan dan menjadi permanen. Gak hanya radang sesaat, tekanan yg berlebihan dapat melukai otot tendon, merusak otot saraf, dan jaringan lunak lainnya.

Menekan keypad ponsel secara berlebihan dapat mengakibatkan Repetitif Strain Injury. Mengapa?
Karena para pengguna ponsel cenderung menahan bahunya dan lengan bagian atas ketika menekan tombol. Keadaan ini menghambat sirkulasi darah ke lengan bagian bawah padahal lengan bagian bawah membutuhkan aliran darah lebih banyak dari keadaan normal ketika jempol dan jari lainnya ngelakuin gerakan kecil dan teliti.
Ketika teknologi telepon genggam berkembang, ukurannya semakin kecil dengan tombol-tombol yg letaknya berdekatan. Nah... ukuran tombol yg kecil itulah yg butuh gerakan yg terbatas dan teliti. Gerakan kecil ini dapat mengakibatkan cidera yg lebih parah dibandingin sama gerakan yg besar dan bebas.
Walaupun ibu jari sangat gampang dipakai buat berpindah dari tombol ke tombol, jari terpendek ini terlalu besar buat menekan tombol yg sangat kecil dan ia sangat rentan mengalami cidera.

Lha terus cara pencegahannya biar gak sakit, gimana Mut??
Oke, cara pencegahannya adalah sebagai berikut :
1. Hindari aktivitas yg berlebihan. Jangan terlalu terpaku dengan tuts-tuts komputer, atau keypad ponsel kalian.
2. Sanggalah lengan di atas kursi atau meja saat mengetik. Hal tersebut bertujuan buat ngilangin beban dari otot leher dan bahu.
3. Pijat lengan dari pergelangan ke arah siku secara teratur dan gunakan lengan secara bergantian.
4. Saat mengetik, duduk dalam posisi tegak dan benar, bahu tidak diangkat, dan posisi lengan terletak nyaman dekat dengan tubuh.
5. Khusus buat para cewek nih, focuskan fikiran kalian pada apa yg ada di depan mata. Jangan mengetik sambil bayangin wajah Mas Rio, waaaaakakaka....

Oke Sob, itulah tadi beberapa tips buat yg suka ngeblog via ponsel. Semoga dapat bermanfaat ya....


Beberapa sumber diambil dari : bbc.co.uk.

55 comments:

foo mengatakan...

Satu lagi mas. Pas lagi berselencar di dunia maya enaknya sambil di pijitin. wakakakk....

Dunia Polar mengatakan...

duh jadi takut nih, aku aja bisa 15 jam duduk di depan kompi, huh....

Itik Bali mengatakan...

Saya gak pernah blogging pake HP mas,
maklum hape saya jadul marudul
jangankan ada fasilitas opera mini
fasilitas MP3 atau Radio aja gak ada
pokonya hanya fungsi harfiah hape untuk SMS dan telpon aja..
he..he kecian banget ya saya??
tapi ya itu juga udah syukur ortu saya masih mau beliin saya hape

Tapi sekalian Mas Rio baca posting ini saya mau komeng panjang nih.
kena upeti gak ya?? he..he

1. Saya emang kadang suka bete kalo komeng di blog yang udah banyak aksesori blog yang menyebabkan lambat banget loadingnya ditambah lagi musti Verifikasi, apalagi kalo inetnya lelet banget
2. Saya tadi habis dari blognya mas Yoyok, yang membahas waspada kecanduan Fesbok, biasanya yang sering nge fesbok pake hape..
setiap saat masalahnya bisa update status, atau bisa komen di statusnya.
Sebenernya sih bagus ya mas..dimana aja bisa blogging, fesbuk atau frendster an tapi kalo ternyata bahaya juga..ya kayanya musti harus di batasi
3. Ya pada prinsipnya sih, sesuatu yang berlebih gak bagus lah.. kaya saya ini yang terlalu keren,,gak bagus kan??bikin cowo2 pada kepincuk..
he..he

pis mas..
yang nomer 3 agak ngaco..
maklum abis begadang sama bapak nonton bola
sayang MU kalah 2-0 dari Barca..hiks
tuh kan malah ngelantur out of topic
yukk mari..

Basyarah mengatakan...

Setuju mas, harus hati-hati menggunakan mobile, banyak sekali hacker yang sedang mengawasi. Hidup Barca...

Ivan@mobii mengatakan...

Untung aja aku tau diri. Jd kalu dah kelamaan main hp tw kompi pasti aku stop dulu... Br gak cedera! Bgus nieh postingannya!

beat2ws mengatakan...

.








*komentar kosong bukti waspada*

beat2ws mengatakan...

Bagus nih mas artikelnya. Yg sedang saya pikirkan adalah CARA MENCEGAHNYA *sok bgt sih Bit*

BIG SUGENG mengatakan...

Cara mencegahnya yaa gampang, dititipin saja tuh HP (lebih aman di pegadaian-mengatasi masalah dengan masalah), pasti terhindar dari penyakit itu

Anazkia mengatakan...

Artikelnya bagus bro... :)

nietha mengatakan...

Great article ni.. aku ga ngeblog lewat hape tp smsan seratus kali sehari. Bikin jempol bengkak juga.hehehe

riosisemut mengatakan...

@nietha : bisa nit, sama aja tuh
@anazkia : makasih anaz
@big sugeng : wekekekek.... kalo itu mah emang bener bngt Om
@beat2ws : yg no 5 khusus buat cew lho Bit
@ivan : yup emang hrs gt Van yg bener
@basryah : koq MU bisa kalah ya?
@itik : iya Tik MU kalah, Meisy pendek gt koq bs ngekop bola ya?
@dunia polar : gak papa koq Sob asal jangan over
@foo : wuaaaaah.... enak bngt itu apalagi yg mijitin cewek imut itu.

Penny mengatakan...

thanks for the info.. bermanfaat banget nih boss....
apalagi buat diriku, si Ratu SMS hehehe

Henny Y.Caprestya mengatakan...

untung aja henny nggak pernah ngeblog dari hp..masalahnya gini nih, di sini sinyal gprs nya belum begitu bagus..masih suka putus-putus..
lagian..provider yang menjanjikan tarif murah untuk internetan dari hp belum masuk di sini. kalo terus-terusan pake provider yang ada bisa jebol nih dompet.
hehehe

Cebong Ipiet mengatakan...

blogging pake hape? narsis sdri soalnya diriku cuman mbuka blog ku sdri kekekekke... capek bgt si..salut deh bwt yg tahan nge blog pk hp

RanggaGoBlog mengatakan...

wah wah... bahaya juga niiiih....

saran pencegahan buat mobile bloger :
"beli aja ponsel yang touch screen,... jadi gak terlalu capek... "

hihihihihihihi

Dinoe mengatakan...

Bagus nih sarannya..thanks ya..

vie_three mengatakan...

aq gak pake ponsel berarti gak bahaya kan.... kalau emang capek ngetik minta pijitin mas rio ajah..... hehehehehe

Bukan Siapa Siapa mengatakan...

Nitip pesen buat KEKASIHKU :
Sayank... ntar malem aku gak bs ngronda, so gak usah nungguin aku. Kalo udah ngantuk langsung bobok aja. Jaga kesehatan biar gak gampang sakit. Okey?

buwel mengatakan...

Maaf nih telat, lagi jarang ngenet mas mut.....jadi ketinggalan artikelnya neh...
btw tipsnya bagus, memang segala hal yang berlebihan memang nggak baek ya....

Dewi mengatakan...

bagaimana kalo kebanyakan pegang mos (baca:mouse)
apa bisa bikin penyakit yang sama?


Tapi kalo ngeliat gejalanya, dah sama nih..pergelangan tangan suka pegel kalo keseringan blogwalking...(sambil klak-klik pake mos)

makana...jarang blogwalking...

Tukang komen mengatakan...

Satu lagi cak semut, jangan ngebog pake hape ditempat umum bisa dicopet, apalagi habis bolos.. jiaaaaaa....ha...ha...

Gilang Kinasihan mengatakan...

gimana caranya blogging pake hp? huakakak *gaptek mode ON* hihhiy lagian enak gitu yah kalo pake hp? kan tulisannya kecil marucil gitu, tapi gak tau deng kalo hpnya belekberi ^_^

dwina mengatakan...

Khusus buat para cewek nih, focuskan fikiran kalian pada apa yg ada di depan mata. Jangan mengetik sambil bayangin wajah Mas Rio,

hihihihi wajahnya mas rio kek apa yah... yg kebayang kok malah semut yah....

komen yg pake veryvikasi kata mang agak males. palagi kalo mbak gugel lagi pilek wadoh jadi tambah lama deh loadnya.

cara pencegahan yg paling gampang hehmmm..hemm.. *celingak-celinguk* au' ah elap. yg pasti happy blogging.....

J O N K mengatakan...

HP saya HP jama kompeni hehehe, jadi gak kuatir lah, tapi sef banget infonya, buat jaga2 :D

Balisugar mengatakan...

Ah aku diam saja soalnya gak punya HP gimana nih ? jangankan internetan pake HP nelpon aja harus jauh jalan kaki ke wartel hiks

mantan copet mengatakan...

Termasuk saya ini ya Mas, saya juga ngeblog dng hp.

buwel mengatakan...

Maaf mas mut ngomentnya disini....
nggak tahu neh, ngikut disqus terus jadinya kek gini....dulunya pengin nyoba kotak koment model yang wordpress...tapi nggak tahu jadinya malah kek gini....bisa nolongin nggak....

Neng Keke mengatakan...

Sebenernya yang paling bahaya, ngeblog lewat HP sambil nyebrang jalan =))

بوويل mengatakan...

heheehhehhe, makasih banget nih udah berusaha nolongin...hehehhhe..terharu nih....aku coba ya...

buwel mengatakan...

Duuuh, keknya udah bisa tuh mas mut....
ntar aku coba dulu ya.....makasih banyak...

dwina mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
dwina mengatakan...

hehhe yang tadi angker ntar malah jadi gosip lagi
hihihhi

Selamat Pagi semut......
awali hari mu dengan Basmallah semoga menjalani hari ini dengan bahagia.

hmmm aku kasih puisi biar semangat yah..

Seperti pagi ini,
Berdekatlah kita sedang rasa teramat jauh,
Tapi berjauhkah kita sedang rasa ini begitu dekat
Seperti langit dan warna biru.
Embun dan kesejukan

Pagi mengintip dibalik awan.
Cerahnya mengusap galau embun jatuh.
Aku menggoreskan kata yang belum juga usai,
kata cinta yang enggan beranjak dari anganmu

riosisemut mengatakan...

@dwina : makasih Sayank.. untuk puisinya.
Aku kan tetap semangat meski itu cuma rangkaian kata yg kau sajikan buatku sarapan..
@buwel : pokoknya kalo km ada kesulitan apapun, langsung aja km bunyikan klunting2 di hpku. Tulis sbuah komentar.
@neng keke : hahahaha... itu mah bener bngt Neng.
@mantan copet : wis pokoke ati2 wae Mas, jangan over
@bali sugar : masak sih Sob, pelosok bngt ya?
@jonk : apa Km mau aku kirimin hp Jonk?
@dwina : cara nyegahnya ya jangan pake verifykata lg.
@gilaaaaaaaaaaannggg.... km kmana aja sih? Semut kangen nih...
@tukang komen : waaah ntar aku bilangin sama Mas Mantan Copet lho
@dewi : hahahaha.... ya itu sama aja Wik, bikin tangan capek jg
@buwel : gak apa Wel yg pnting km uda mau dtng.
@vie three : boleeeh... sini sini Vit aku pijitin.
@dinoe : sama sama Din
@ranggapinter : duitnya mana Ngga..?
@cebong : kekekek... blog e dw koq di delok, capek deh.
@henny : emang Henny ini dimana sih?
@penny : sama sama Mbak Penny.

laksita flora mengatakan...

aku setuju mas....
tapi yg namanya apa-apa kalo over ya ada efeknya...
nonton luna maya ntar mata jadi pedes...
over makan ntar jadi gendut,...
mancing seharian nanti jadi gosong...
nek kakean pacaran jadi apa ya.....

buwel mengatakan...

Mau ngucapin maksaih neh.....
kotak komentnya udaj bisa....
makasih ya......

alfi mengatakan...

maksih boz....infonya bermanfaat sekali..

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Aku malah nggak pernah bloging pake hape bro,...

sii melyn mengatakan...

hmm,,, *angguk2*

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

cantengan? wah, gak enak banget tuh.
aku baru sempet ke sini nih. maaf telat ngasih tahu kamu. apa kabar nih, mut? masih jadi semut kan? he he he...

yanuar catur rastafara mengatakan...

maap,,aku bukan pecinta sesama jenis
wahahahhhahhahahakakakkakakakakakkakaka
huk,,hukkk
ampe batuk nih
heheheheehe

buwel mengatakan...

Pagi mas mut, maaf bila bikin bising...kan bunyi klomnthang klontheng...hehheehehhehhe....
sekalian ngucapin makasih sekali lagi....

buwel mengatakan...

Waduh ngganngu lagi neh,hehehheehehh....oiya keknya layak nggak sih atau pantes atau sopan nggak ya, kalo postingan bintang air di jadikan chatroom saja...kakkakakakkk, biar nyaingin tebak2annya soewoeng, hehehehehhe

Tukang komen mengatakan...

mampir lagi cak Rio... yo' opo kabare.... kon...

mantan copet mengatakan...

Mas Rio, saya mau nanya ya ?
1. Caranya mengikuti Page Rank Alexa itu bgmana? Katanya Mbak Cebong, iso di nggo nggulek duit, iyo to Mas?
2. Kalo pngn memasang 40 pecinta artikel Semut, itu piye?
3. Katanya, kalo saya nulis komentar, HPnya Mas Rio bisa bunyi ya? Koq bisa Mas? Mbok saya diajari, hp saya se k550i
4. Mas Rio bilang kalo kurang jelas bs tanya liwat c8.
c8 kuwi opo Mas, caranya gmn?
5. Mas daptar pengikutku koq ndak bs muncul seperti punyakmu?? Bisa dilihat dari hp.

Trimakasih Mas atas bantuannya selama ini. Jawabannya sangat saya nantikan.

mantan copet mengatakan...

Satu lagi Mas, katanya sampeyan bisa ngirim gambar dari imel jg, caranya gmn Mas??

dwina mengatakan...

siang di hari sabtu aku tersenyum bahkan hampir ngakak ndenger usulannya buwel. kalo postingan bintanair mo di jadiin chatroom....

di sini aku cuma mo bilang
sebagai bloggernita yang baik hati dan tidak sombong serta imut binti cute

silahkan bagi yang ngerasa suka keliyengan setiap kali mampir ke bintangair. jadikan bintangair sebagai tempat untuk mengekspresikan rasa, risih, rusuh di hati. asal tidak bertentangan dengan UU pembloggeran INdonesia.

sekian pengumuman dari si Bintang Air dan imut ini wekekekekkekekekek

special for semut... what happen with u mutttt....????????

black_id mengatakan...

hp ku jadul jadi ga bisa buatngeblog

dulu waktu baru belajar kompi/belajar ngetik 11 jari leher dan bahuku sering sakit n pegal2, mungkin karena belum baca tips ini, thanks infonya, bermanfaat...

RCO mengatakan...

Saya bisa lebih dari 12 jam di depan kompi, kadang capek, tapi gmana lagi penghasilannya kebanyakan harus dengan itu aja

edylaw mengatakan...

Waduh....Komentar ini juga saya buat pake opmin. Bentar sob saya cek jempol kakiku dulu keseleo apa kagak.

Scaning...........

Huh.....Aman....Gak ada keseleo atau patah tulang jempol, yang ada juga sebaris pasukan semut merah yang mulai naik kebadan dari kaki wkwkwkwk

♥ Neng Aia ♥ mengatakan...

hadeuh.. yang terakhir ga enak bgt tuh,,


heiheiheihie

Cupu^_^Kisruh mengatakan...

waducchh.. thank mas informasinya ..
soalnya akhir akhir ini cupu sering buka blog pakek hp :D

antown mengatakan...

saya pernah dengar kabar seperti ini di internet, tapi untuk kasus langsung yang bisa saya lihat dengan mata kepala saya sendiri belom pernah

Echi mengatakan...

hasyaaaaaah udah serius buanget aku bacanya ternyataaaaa....

anna fardiana mengatakan...

blogging pake komputer ajah deh mut...suka gak sanggup,,,

dasir mengatakan...

Salam hangat..tetap semangat..

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

Blue link↑↑diatas↑↑, bisa kalian gunakan saat kalian kesulitan koment karena sedang ngeblog via ponsel.

Tinggalkan jejakmu disini Sob..
komentar kalian adalah semangat buat Semut untuk menerbitkan entri berikutnya.