Sabtu, April 18, 2009

Sekilas Info

Beberapa hari yg lalu, aku dapat email dari seseorang yg sama skali belum pernah aku kenal sebelumnya. Sempat cemas juga sih pas pertama baca, lhawong isinya tentang bahaya obat. Dan parahnya lagi, obat-obat itu banyak yg udah terlanjur dikonsumsi oleh sodara-sodara Semut di seluruh negri ini. Bahkan anak-anak Semutpun sangat menyukai salah satu obat yg udah disebutkan di dalamnya.

Ni dia emailnya :

==============================================


From : "Bambang Tribuono" (bambuono@yahoo.co.id)

To : --------buanyak banget, lebih dari 50 alamat--------

Sent : Wednesday, April 15, 2009 5:15 PM

Subject : Info Obat Berbahaya

PHENYLPROPANOLAMINE obat influenza (decongestant) mulai 1 Maret 2009 ditarik Badan Pengawasan Obat & Makanan USA (FDA) karena terbukti menyebabkan PENDARAHAN di OTAK.

Obat2 di Indonesia yang mengandung Phenylpropanolamine antara lain :
Decolgen, Contac 500, Inza, Neozep, Forte, Decolsin, Cosyr, Komix, Nodrof, Sinutab, Flucyl, Mixaflu, Paratusin, Allerin, Fludane, Mixagrip, Procold, Bodrexin, Flugesic, Nalgestan, Rhinotussal, Sanaflu Siladex, Stopcold, Triaminic drops, Tusalgin, dll.


Bagaimana pemerintah kita? berani tidak bertindak?
Seperti kasus makanan impor makanan dan minuman yang mengandung bahan melamin dan bahan beracun serta bahan berbahaya lainnya, yang bisa mengakibatkan gagal ginjal, penumpukan racun dalam tubuh dsb.
Ternyata impor masih terus berlanjut.
Pemerintah tidak berani menindak mereka yang impor makanan & minuman yang mengandung bahan beracun dan bebahaya itu.
Yang dilakukan adalah sesekali merazia toko yang menjual makanan & minuman itu.

Apa memang bangsa ini mau dibuat sakit2an, asal para penguasa mendapat banyak uang??!


==============================================


Karena dari awal aku udah sedikit curiga dengan kebenaran berita tersebut, akupun berusaha mencari sendiri berita yg terkait di situs-situs kesehatan. Dan Alhamdulillah, akhirnya keresahanku itu terjawab. Dan ini adalah cuplikan dari penjelasan Ketua Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Husniah Rubiana Thamrin Akib dalam jumpa persnya kemarin (Kamis, 15/4)

"SMS itu menyesatkan karena tidak benar Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pada 1 Maret 2009 mengumumkan kandungan phenylpropanolamine (PPA) dalam obat flu. US FDA menarik obat yang mengandung PPA karena diduga ada hubungan antara pendarahan otak dengan PPA dalam jumlah besar sebagai obat pelangsing, obat flu dan obat batuk yang beredar maksimal hanya menggunakan 15 mg per takaran, dan tidak diperbolehkan dimasukkan dalam obat batuk dan flu anak di bawah enam tahun. Phenylpropanolamine adalah obat untuk mengobati influenza, banyak obat flu di pasaran yang mengandung PPA, seperti Decolgen, Decolsin, Neozep Forte, Sanaflu Forte, Flugesic, Inza, Komix, Bodrexin, Procold, Tusalgin, Siladex, Stop Cold dan banyak lagi. Sumber literatur menyebutkan, dulunya PPA yang memiliki khasiat sebagai decongestant yang juga memiliki efek appetite supressant. Oleh masyarakat awam justru efek samping ini digunakan sebagai obat pelangsing. Hal itu sungguh berbahaya untuk kesehatan.
Penggunaan PPA berbahaya untuk kesehatan karena dapat menyebabkan pendarahan otak dan stroke. Namun hal itu ada pada kisaran dosis PPA 25mg. Jika dosisnya diperkecil menjadi 12,5 mg, PPA masih dapat berfungsi dengan baik."


Syukur Alhamdulillah, ternyata email itu hanya isyu dan anak-anak Semutpun selamat dari ancaman bahaya dari obat-obatan tersebut.

Maka dari itu Sob, jika suatu ketika, kalian dapat email serupa, ini semua hanyalah berita bohong dan jangan gampang percaya begitu aja. Sebaiknya di cek dulu ke instansi-instansi yg terkait.
Ya udah kalo gitu Sob, sekian dulu Sekilas Info kali ini.
Semut undur diri dulu, mau weekend nih. Sapa yg mau ikut hayo...? Dwina..? Ayu..? Dhe..? Fanny..? Cebong..? Boleh. Siapapun boleh ikut. Yuuuuuk mariiii........

29 comments:

wh mengatakan...

Weh info yg dan saran yg berguna
Makasih kang semut

rampadan mengatakan...

Hahahaha
Gak mau ach weekend ma dirimu.
Soale tubuhku gak muat di lobang semut.
Keren n bermanfaat infonya mas.

RCO mengatakan...

Anak semutpun bisa kena flu rupanya.

AWAS FLU SEMUT....

Ivan@mobii mengatakan...

Kampret tuh org iseng... Gak tau malu, gak tau diri... Bete mode On...
Mag skrg kalu dpt email dr org asing wajib d curigai... Makasih bangRio!!!

Dhe mengatakan...

wow!!!
untung diriku tak pernah minum obat^^ kcuali combantrine..
hehee..
serius ga boong^^

cie..cie.. yang weekend..
dhe ogah ikut T_T tar dipecat pulak.. T_T
koz haruss kerjaa >.<

Itik Bali mengatakan...

wah infonya keren mas Rio,
yah secara logika aja mas,
kalo badan POM membiarkan obat2an Flu itu dijual bebas, dan iklan media massa masih gencar
gak mungkin kan dalam dosis yang membahayakan?
namun emang sebagai konsumen kita musti waspada juga..

aku gak akan minum obat ah..
minum jamu aja, jamu galian singset
dan nyahut jamu...jamuran tetangga
he..he

dwina mengatakan...

ye..yeyyeyeyyey seneng banget. semut sekarang udah tambah profesi. jadi pakar obat-obatan hieheheheh

kalo anak semut kepalanya mules, perutnya pening, matanya bodong, udelnya pilek di kasi makan obat apa mut???

riosisemut mengatakan...

@dwina :
Waaaaakakakaka... sumpah aku ngakak guling2 sampai pengin sembuhin bibir km.
Mana ada mata yg bodong, udel yg pilek..? waaakakaka...

@itik bali :
Iya Non aku setuju, buat km emang cocok jamu galian singset, biar makin singset, hahahaha....

Jangan jamu-rantetangga.

@dhe :
Combantrin?? Emangnya Dhe masih suka cacingan? Cacingan itu gak enak Dhe, enakan Semutan atau Cebongan atau Itik-an, hahaha...

@ivan :
Yup, wajib Van, barangkali aja cuma penipuan kyk tadi.

@rco :
Hahahaha... awas flu Cebong juga, flu Itik juga, bukan cuma Flu Singapore yg perlu dicurigai tp juga Flu America, Flu Rusia, Flu Korea dan Flu Israel yg pualing berbahaya.

@rampadan :
Iya Dan. Km muatnya di lobang Gajah, wekekekek...

@wh :
Hehe, sama-sama Sob.

Cebong Ipiet mengatakan...

Apa memang bangsa ini mau dibuat sakit2an, asal para penguasa mendapat banyak uang??!

-----------------
kata kata khas penyebar isu wkwkkwkwkwkw



g pernah minum obat.. lah wong ndak iso ngumbe

buwel mengatakan...

Duuuh makasih ya infonya, ntar kalo ada yg ngirim ke aku..aku laporkan kesini wis...heehe

::x:: mengatakan...

kemaren aku juga dapet nah pas itu aku udah ngonsumsi Decosin secara gitu loh aku kan lagi memproduksi Cendol di idung so jadi takut minumnya...
sekarang udah lega..... fyuhhh
thx infonya...

awan_clickerz mengatakan...

bener tuh, jangan membuat kesimpulan berdasarkan satu pihak saja, kudu kroscek sana sini dulu.
bisa-bisa malah kita yg terjebak dan nantinya tumbuh sikap overprotektif terhadap apapun,
MAJU TERUS KEDOKTERAN INDONESIA..

Lanjutkan !..(*loh, malah kampanye..:D/)
met wikend sem-sem
YuP!

beat2ws mengatakan...

Sudah sempet cemas aku lho, tp syukur nek cuma isu.

gilang mengatakan...

haluw mas semut, si anak dudul pun dapat menarik napas dengan lega,, soalnya si anak dudul sering batuk allergi, dan udah dari umur 10 taun m'konsumsi allerin ^____^
mungkin efeknya gag separah itu mas semut,, dalam jangka waktu konsumsi lebih dri 10 taun bisa membuat anak2 menjadi dudul..!
owh, thx to mas semut, akhirnya saia tau penyebab dudul akut yang saia alami selama ini ^___~
peace, love, and dudul!

OPHIE CHIEN mengatakan...

allowww, mas.. aku smpatkan utk brkunjung, wl sbnrnya aku lg sibuk bgt. klo jln2, suka mls klo cm sbntar, ga puas. tar mlm deh, aku ngepost crita knp aku dah lm bgt ga brkunjung dan ngepost..

antaresa mengatakan...

sukur deh kalo obat-obat warung itu masih boleh dikonsumsi, coz klo sakit aku minum'y obat-obat itu

dwinacute mengatakan...

mutttt hihihihi *ngerayu mode on* semut kan baek... keren....cakep....ramah....trus gak doyan gigit (kalo nggak kepepet hehehhehe)

tulungin dunk mut. ntu ada temen aku namanya usman. nama asli usman arfan irdoi alias usman saja. dia tu blogger baru, jadi masih isin kalo mo nyerocos di sini. bisa tulung di promoin gak
kamu pernah lo maen kesan

kalo aku yg promo dikirain aku ada hubungan gelap lagi ama dia... ntar semut cembokur lageee. plisss

Echi mengatakan...

pantesan kepala ku sering sakit sebelah sekarang yah jangan2 gara2 obat pelangsing2 itu di masa lalu yah huehehe....

J O N K mengatakan...

wah cuma isu toh, sukur deh. tapi saya dah gak makan obat kayak gitu lagi mas heuheuheu, kalau sakit yang saya lakukan paling makannnn dan tiduuuuuurr sebanyak2 nya ...

Henny Y.Caprestya mengatakan...

wah,,obat aja mengandung bahan yang berbahaya, gawat nih.
thanks buat infonya :)

usman mengatakan...

mungkin yang kirim sms tu tukang obat yang gak laku. jadi ngejelekin obat yang lain

suwung mengatakan...

weh hoax ya?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

aku juga dpt sms kyk gini dari temanku tapi ketika baca di kompas, ternyata gak bener semuanya. udah cemas aja,soalnya ada obat2 yg suka kutelan termasuk dalam daftar obat2 yg berbahaya itu.

taufikasmara mengatakan...

Berarti imel atau sms itu hanya sesuatu yang bertujuan untuk menjatuhkan brand image sebuah produk. Tapi cara dirimu menyikapinya sungguh menarik. Thx untuk infonya

Atca mengatakan...

sekilas info tapi panjang banget n bermanfaat nih..makasih ya..

Tukang komen mengatakan...

Aku juga dapet tuh e-mail, dan aku masukkan ke spam box.. kesel ma e-mail massal kayak gitu n biasanya beritanya ngawur...

riosisemut mengatakan...

@tukang koment :
Bener bngt Sob, gak usah ditanggepin.

@atca :
Hehehe.... keenakan nulis Bu...

@taufikasmara :
Mungkin juga begitu Mas.

@fanny :
Syukur kalo Fanny udah tau.

@suwung :
Iyo Kang.

@usman :
Bisa juga seperti itu Sob.

@henny :
Iya, sama-sama Non.

@jonk :
Atau langsung ke dokter aja Jonk. Itu malah lbh baik.

@echi :
Emang Teh Echi suka minum obat pelangsing ya dulunya?

@dwina :
Oke deh Win, demi cintaku padamu, akan aku review si usman, tunggu aja pokoknya.

@antaresa :
Untung cuma isyu Sob.

@ophie chien :
Kalo blm sembuh jangan dipaksakan Non.

@gilang :
Gak segitunya pula efeknya kale Non...

@beat2ws :
Iyo Bit, ternyata cuma isyu.

@awan :
Yup aku setuju Sob.

@:x: :
Gak papa koq Sob, obat2 itu ternyata gak berbahaya.

@buwel :
Thanks Sob, aku tunggu laporannya.

@cebong :
Wekekek... iyo yo kan Cebong ra iso ngumbe obat.

♥ Neng Aia ♥ mengatakan...

makanya dari itu saya tidak suka minum obat...

Mr Bien mengatakan...

Hati ati semutpun bisa marah
salam

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

Blue link↑↑diatas↑↑, bisa kalian gunakan saat kalian kesulitan koment karena sedang ngeblog via ponsel.

Tinggalkan jejakmu disini Sob..
komentar kalian adalah semangat buat Semut untuk menerbitkan entri berikutnya.