Kamis, April 16, 2009

Tips Cara Mengatasi Ketegangan Di Depan Komputer

Duduk di depan komputer sepanjang hari, dari pagi sampai sore dan bahkan di lanjutin lagi malemnya, tentu gak baik buat kesehatan tubuh kita. Namun jika rutinitas memaksa kita nglakuin itu sepanjang hari, maka aku rasa, kita perlu menciptakan gerakan-gerakan ringan di depan komputer, tanpa beranjak dari tempat kita duduk. Itu semua bisa kita manfaatin buat sekedar menjaga postur tubuh dan juga kesehatan kita sehari-harinya.
Nah dalam kesempatan kali ini, aku pengin sedikit bicara serius dan berbagi tips tentang, 'gimana sih cara mencegah ketegangan saat kita sedang sibuk terpaku di depan komputer?'
Oke, langsung aja Sob. Berikut adalah beberapa cara yg perlu kalian lakukan saat berada dalam kondisi tersebut,

1. Aturlah duduk kalian sedemikian rupa, secara tepat, di kursi yg baik yg emang dirancang khusus buat meja kerja. Lurusin punggung dan arahin kepala, langsung ke monitor. Jika kalian terpaksa harus ngeliat ke atas ataupun ke bawah, jangan lupa buat mengatur ketinggian layar maupun kursi tempat kalian duduk.
Namun, jika posisi tegak ini, sulit kalian dapetin, dan selalu aja condong ke depan, pertama-tama periksa dulu mata kalian. Jika ternyata gak ada gangguan yg berarti, cobalah kalian pakai ikat pinggang atau kain buat ngiket tubuh kalian di kursi. Setelah hal itu berjalan rutin setiap hari, maka mulailah ngrasain bahwa tubuh kalian udah gak gampang lelah lagi dan postur kalian juga akan membaik.

2. Saat mengetik, pertahanin ergonomik portur tubuh kalian. Tekuk kedua kaki di lutut, sehingga lutut hanya sedikit lebih tinggi dari pada pinggul. Kaki harus menapak datar pada pijakan atau lantai. Jangan pernah naikin kaki kayak di warkop, karena hal itu akan menghambat laju aliran darahmu.

3. Berdirilah tiap setengah jam. Jalan ringan di sekitar, beberapa langkah, regangin kaki dan istirahatin mata dari fokus pada layar komputer. Ini dilakukan agar penggumpalan darah di kaki dapat sedini mungkin dicegah.

4. Putar kepala disekeliling leher secara teratur tapi hindari memutar kepala kebelakang. Lakukan gerakan ini perlahan searah jarum jam selama 1 - 3 kali, lalu ulangi ke arah yg berlawanan.

5. Putar-putar pergelangan tangan secara teratur. Kata dokter, ini dilakukan buat mencegah carpal tunnel syndrome jika kalian ngabisin banyak waktu buat ngetik.

6. Sadari bahwa kebanyakan orang, cenderung membungkuk di depan keyboard. Buat netralin hal ini, lakukanlah latihan berikut :
Buka lengan lebar-lebar seakan ingin meluk seseorang. Putar pergelangan tangan ke luar. Hadapin jempolnya ke atas lalu ke belakang. Tarik bahu ke belakang dan rasain peregangan yg terjadi di daerah scapula.

7. Kontraksikan otot perut. Tahan beberapa detik, lalu lepas. Lakukan ini sepanjang hari selama kalian duduk di kursi itu.

8. Regangin lengan, kaki, leher dan torso sambil tetep duduk. Cara ini bisa mencegah kaku.

9. Tarik nafas dalam-dalam, beberapa kali. Jika memungkinkan, keluar ruangan dan masukin udara segar ke paru-paru.

10. Jangan hanya duduk dalam diam. Hentakin kaki secara berirama, seirama dengan musik misalnya. Tapi inget, jangan sampai ngluarin bunyi yg keras, karena bunyi yg keras dan berulang dapat menjengkelkan orang lain.

11. Jikan kalian bekerja di ruangan tersendiri, cobalah tinggalin komputer barang sejenak dan lakukan peregangan ringan. Bisa sambil menelfon, mengangkat kaki atau apa aja yg bisa membuat tubuh kalian bergerak.

12. Dan yg terakhir nih, jangan duduk di depan komputer terlalu lama. Istirahatlah setiap 15 menit.

Oke Sob, demikian sedikit tips tentang cara ngatasin ketegangan di depan komputer. Semoga ini bisa bermanfaat buat kalian semua.

38 comments:

albri mengatakan...

yang penting pertamax, baca belakangan, thanks tipsnya

Itik Bali mengatakan...

wah tips nya oke mas
kalo aku mengatasi ketegangan saat di depan komputer
aku nyari sarang semut
buat ngliatin semut2 deh
he..he

rampadan mengatakan...

Siiip nich.
Beneran dimuat dikoran?
Keren tuch.
Topik yg mana?
Novelmu dulu to?

BIG SUGENG mengatakan...

wah ini topik serius.....
bermanfaat ya.....

bayu nugroho mengatakan...

satu lagi sob tipsnya ane tambain, jgn buka situs bokep biar ga gampang tegang.... bedhewhei infonya aku pake yahhh....

beat2ws mengatakan...

Bagus nih tipsnya. Makasih mas.
Btw mas rampadan bingung tuh?

Cebong Ipiet mengatakan...

hmmm ngapain aja tuh sampe tegang :O

Dhe mengatakan...

hmm...
bagus jg ne tips nya..
skali2 coba ahh.. kalo gw dha tegang (secara ne lom tegank lagi)
kwkkwkw

Tukang komen mengatakan...

satu lagi tipsnya... sandarin kepala di sandaran kursi atw tembok, lurusin kaki, mata merem trus molor dulu sejenak... he.. he. he...

attayaya mengatakan...

kalo anak sebelah ruanganku, untuk melepas lelah mereka malah buka camfrogg

riosisemut mengatakan...

@attayaya :
Itu juga bisa dilakukan Bro, tapi kalo lagi gak ada Bos dan tidak sedang dalam keadaan bugil, hahahaha...

@tukang komen :
Buagus juga tipsnya Sob.

@dhe :
Mungkin Dhe mau aku buat tegang dulu, hehe...

@cebong :
Tmen2 smua, jangan ada yg berfikiran ngeres lho ya kalo baca koment Cebong, wakakaka...
Lagi umeg Bong.

@beat2ws :
Iya Bit, udah aku arahin koq dia ke postingan kmrn.

@bayu :
Waaakakaka... mosok di kantor mbukak situs gituan Mas...

@big Sugeng :
Bener bngt Om, serius ini.

@rampadan :
Postingan yg kmrn Dan.

@itik bali :
Makasih Ayu, kamu nongol aja aku udah bedebar-debar.

@albri :
Iya sama-sama Mas.

Ivan@mobii mengatakan...

Wieh info bgus ni, nti ivan cobain dah. Tp kalu lg tegang psti lgsung jingkrak".. wkwkwkwk

Ivan@mobii mengatakan...

Bang rio ni perhatian buanget ma blogger yg pake hp... Ampe di sediakan khusus tmpat komen yg praktis. Siip dah bang,alnya ivan inetx pake hp...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

siip infonya. peregangan dulu akh. udah pegel nih.

::x:: mengatakan...

Jangan lupa berkedip broooo... hahahaha..
nice info....
aku bisa berjam² didepan kompi neh... fyuhh

anna fardiana mengatakan...

oke deh muttt...dicobahhhh

ajeng mengatakan...

Wuah,makasih mas ilmunya... Btw,itu bukan hanya ilmu didunia semut toh?

wh mengatakan...

yang tegang yang mana mut???

Neng Rara mengatakan...

ass.
wuih..rio .rio
bacanya aja udh bikin kendor otot-otot ni..
bagus nii
wassalam

sibaho mengatakan...

it doesn't work!
gak ngefek. cara yang paling ampuh adalah: tutup gambar2 porno di layar monitor anda. dijamin gak tegang :))

dwinacute mengatakan...

Nah ini ni yang namanya dampak dari arus era globalisasi ADA SEMUT TEGANG-TEGANG huehehheheehhe sorry mut.. udah kebiasaan manggil kamu dengan panggilan sayang. SEMUT....

BTW asli pipiku jadi merah ngebaca komen kamu di rumahnya mbak fanny. doooo jujur kacang ijo. malyuuu

awan_clickerz mengatakan...

gimana gak tegang sob, aku liat di kapan lagi kemarin. masa si LUNA nya ngeliatiin aku terus..
*aku khan malu*..hehehee..

oke, nice info...

SEMANGAAAT
Yup !

J O N K mengatakan...

wah sip mas, soalnya saya suka depan kompi sambil sila :D, sekarang juga lagi begituan, sep deh, gak di ulang lagi,

mmm untuk suka dengerin dang-dut jadi kaki saya bisa goyang2 hehehe

riosisemut mengatakan...

@jonk :
Oke deh Jonk, selamat mengaplikasikan tips aku ini.

@awan :
Waaaakakaka... emang tuh cewek kuraaaaang aja bawaannya. Uda bs dapetin Ariel, masih juga ngliatin Awan, hahaha...

@dwina :
wuaaaah makasih Wina, aku lbh suka dipanggil Semut dari pada Rio. Lbh friendly gitu.

@sibaho :
Wekekekek.... dasar ni anak sukanya mantengin gambar begituan terus.

@neng rara :
Wa alaikum salam.
Makasih Neng atas penghargaannya....

@wh :
Ini lho Sob, yg bawah, hahaha....

@ajeng :
Iya sama-sama Jeng.
Ya pasti bukanlah Jeng, ilmunya Semut mah laen...

@anna :
Silakan Mbak...

@x :
Iya btul Sob, jangan lupa kedip.

@sang cerpenis :
Silakan Fan, diregangin dulu otot2nya.

@ivan :
Ah biasa aja koq Van, aku cuma skedar bantu aja.

brown sugar mengatakan...

Hah....Ada semut bisa tegang?
Bes ngapain lo mut?
Kesetrum? Dilindes kontener?apa kena epilepsi?
Inget Rio...Epilepsi bukan penyakit turunan ataupun penyakit menular, kalo lw kena epilepsi brati mang nasib lw...
Jiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Henny Y.Caprestya mengatakan...

iya..kerjaan henny banget tuh.
makasih buat infonya ya mut!

J O N K mengatakan...

halo apa kabar???
jangan lupa minum vitamin ya....

namaku wendy mengatakan...

ZZZzzzzZZ tidurrrrrrr jah

Etha mengatakan...

ini maksudnya apanya yg tegang toh???

ra mudeng???

Linda Belle mengatakan...

hoaaemm...
tips supaya gak ngantuk di ktr gimn???

Linda Belle mengatakan...

tegangnya Etha bedalah pokoknya ama si Semut huhuhuhu....

Etha...sana...dsr magabut kerjaannya fesbukan wae

neilhoja mengatakan...

wakakak, ebong bisa aja... :p

ripiew trik nya gan??

berhasil ndak... :D

bunda mengatakan...

mut semut ... ini info bukan dari dunia semut khan..?
makasih infonya ya..ntar bunda langsung praktikkan deh..
salam

taufikasmara mengatakan...

Makasih Tips nya

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

baca lagi artikelmu ini sambil meregangkan otot leher. update ya...besok...

riosisemut mengatakan...

@sang cerpenis :
Siap Non, ntar malem aku update.

@taufikasmara :
Sama-sama Sob, smoga dapat bermanfaat.

@bunda :
Ya tentu bukan lah Bun, ini khusus buat manusia.

@neilhoja :
Emang si Cebong tuh kalo koment mesti gitu Sob.

@linda :
Wekekekek... teh Linda tau aja bedain ketegangan Etha ama Semut.

@etha :
Walah Tha Tha, kamu ini koq yo ra mudeng ki piye to yo yo...
Apa perlu aku buat kamu tegang dulu biar mudeng? Wakakaka...

@wendy :
Iki malah turu ning kene.

@jonk :
Vitamin apaan Jonk?

@henny :
Sama-sama Non, semoga bermanfaat buat km ya.

@salma hayek :
Gyakakakakakakakaka.... Iki malah gak karuan komenge.
Aku lagi kesetrum cinta Mbak Brown.

bunda mengatakan...

wokehhh deh mut.... udah bunda cobain en ternyata muantap ... toss dulu ahh

imam CR7 mengatakan...

Mantrab info'a!!!
Akan q Lakukan semua itu!!

Posting Komentar

[ Kotak Komentar Klasik ]

Blue link↑↑diatas↑↑, bisa kalian gunakan saat kalian kesulitan koment karena sedang ngeblog via ponsel.

Tinggalkan jejakmu disini Sob..
komentar kalian adalah semangat buat Semut untuk menerbitkan entri berikutnya.